Capaian pembelajaran Geografi Kelas 11 dalam Fase F dalam Kurikulum Merdeka mencakup berbagai aspek penting yang bertujuan untuk mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang geografi serta keterampilan yang diperlukan untuk menerapkannya dalam berbagai konteks. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap dan jelas tentang masing-masing aspek:
- **Karakteristik Wilayah**: Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan pertanyaan tentang karakteristik wilayah dengan aktivitas tertentu akibat perubahan fisik dan sosial. Ini berarti siswa akan belajar untuk mengenali dan memahami ciri-ciri geografis suatu wilayah, baik yang disebabkan oleh faktor alamiah seperti topografi, iklim, dan vegetasi, maupun yang dipengaruhi oleh faktor sosial seperti perkembangan kota, pola pemukiman, dan perubahan lingkungan.
- **Posisi Strategis**: Peserta didik diharapkan mampu memahami dan menjelaskan posisi strategis suatu wilayah. Hal ini mencakup pemahaman mengenai letak geografis suatu wilayah, peranannya dalam geopolitik, serta dampaknya terhadap ekonomi dan keamanan nasional.
- **Keanekaragaman Hayati Indonesia dan Dunia**: Peserta didik diharapkan mampu memahami dan menjelaskan pola keanekaragaman hayati di Indonesia dan dunia. Ini melibatkan pembelajaran tentang beragam spesies tumbuhan dan hewan, ekosistem, serta peran keanekaragaman hayati dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan kehidupan manusia.
- **Kebencanaan dan Lingkungan Hidup**: Peserta didik diharapkan mampu memahami dan menjelaskan hubungan antara kebencanaan dan lingkungan hidup. Ini termasuk pemahaman tentang berbagai jenis bencana alam seperti gempa bumi, banjir, dan badai, serta cara manusia mempengaruhi lingkungan dan meningkatkan kerentanannya terhadap bencana.
- **Kewilayahan dan Pembangunan**: Peserta didik diharapkan mampu memahami dan menjelaskan hubungan antara kewilayahan dan pembangunan. Ini mencakup pemahaman tentang bagaimana karakteristik geografis suatu wilayah memengaruhi perkembangan ekonomi, sosial, dan infrastruktur.
- **Kerja sama antar Wilayah**: Peserta didik diharapkan mampu memahami dan menjelaskan kerja sama antar wilayah. Siswa akan belajar tentang kerjasama regional, perdagangan internasional, dan diplomasi antar negara serta bagaimana hal ini memengaruhi perkembangan wilayah-wilayah tertentu.
- **Analisis Aktivitas**: Peserta didik diharapkan mampu menganalisis aktivitas tertentu akibat perubahan fisik dan sosial berdasarkan pengamatan terencana dengan memanfaatkan penggunaan peta. Ini melibatkan keterampilan menganalisis perubahan dalam aktivitas manusia dan lingkungan berdasarkan data geografis yang disajikan dalam bentuk peta.
- **Penelitian Sederhana**: Peserta didik diharapkan mampu melakukan penelitian sederhana melalui pengamatan. Ini mencakup keterampilan mengumpulkan data lapangan, menganalisis hasil pengamatan, dan membuat kesimpulan berdasarkan observasi langsung di lapangan.
- **Prediksi Perubahan Kondisi Alam dan Sosial**: Peserta didik diharapkan mampu memprediksi perubahan kondisi alam dan sosial. Ini melibatkan kemampuan mengidentifikasi dan meramalkan perubahan dalam geografi fisik dan sosial serta mengantisipasi dampaknya.
- **Komunikasi Hasil Penelitian/Projek**: Peserta didik diharapkan mampu memaparkan hasil penelitian/projek tentang wilayah dengan memanfaatkan peta, tabel, data, dan teknologi SIG. Ini melibatkan keterampilan berkomunikasi secara efektif dan menggunakan teknologi geospasial untuk menyajikan hasil penelitian kepada khalayak.
- **Prediksi Ide Solusi Perkembangan Wilayah**: Peserta didik diharapkan mampu memprediksi ide solusi perkembangan wilayah, posisi strategis, sumber daya, dan kebencanaan di Indonesia. Ini melibatkan kemampuan merumuskan gagasan dan solusi untuk mengatasi tantangan geografis dan pembangunan wilayah di Indonesia.
Download Lengkap Capaian Pembelajaran Geografi Kelas 11 Fase F SMA/MA - Kurikulum Merdeka
Type File : Rar
File Size : 170 kb
Dengan demikian, capaian pembelajaran ini bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan yang mendalam dalam bidang geografi, yang nantinya dapat mereka terapkan dalam pemahaman, analisis, penelitian, dan komunikasi berbagai aspek yang berkaitan dengan geografi dalam konteks global dan lokal.