Dalam kurikulum Merdeka untuk kelas 2 Fase A SD/MI, capaian pembelajaran informatika mencakup berbagai aspek yang berkaitan dengan pemahaman dasar tentang komputasi dan teknologi informasi. Berikut adalah penjelasan yang lebih lengkap dan jelas untuk setiap komponen capaian pembelajaran tersebut:
1. **Berpikir Komputasional (BK):**
Peserta didik akan dapat mengaplikasikan berpikir komputasional dalam pemecahan masalah sehari-hari. Mereka akan mampu:
- Mengidentifikasi berbagai elemen atau objek konkret dalam situasi sehari-hari.
- Membandingkan objek-objek tersebut untuk menentukan kesamaan dan perbedaan.
- Memilih objek yang sesuai untuk suatu tujuan tertentu.
- Mengelompokkan objek berdasarkan ciri-ciri atau atribut tertentu.
- Mengurutkan objek berdasarkan urutan tertentu, seperti berdasarkan waktu atau prioritas.
- Menerapkan logika dalam memecahkan masalah dan membuat keputusan.
2. **Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK):**
Peserta didik akan dapat mengenali dan menggunakan perangkat TIK dalam berbagai konteks sehari-hari. Mereka akan mampu:
- Mengidentifikasi perangkat TIK, seperti komputer, smartphone, tablet, atau perangkat lainnya.
- Menggunakan perangkat TIK yang sudah dikonfigurasi sesuai usia dan kebutuhan mereka.
- Berkomunikasi menggunakan perangkat TIK, seperti mengirim pesan atau membuat panggilan.
- Menggunakan perangkat TIK untuk pembelajaran, seperti mengakses sumber belajar online.
- Menggunakan perangkat TIK untuk kegiatan kreatif, seperti menggambar atau membuat karya digital.
- Menerapkan praktik baik dalam penggunaan perangkat TIK, termasuk memperhatikan aspek kesehatan, kenyamanan, keamanan, dan keselamatan saat menggunakan teknologi.
3. **Sistem Komputer (SK) - Jaringan Komputer dan Internet (JKI):**
Peserta didik akan dapat mengenali aspek-aspek dasar dalam sistem komputer dan jaringan internet. Mereka akan mampu:
- Mengenali sinyal telepon seluler dan wifi sebagai bentuk koneksi nirkabel.
- Mengidentifikasi keberadaan dan kualitas sinyal telepon seluler dan wifi dalam berbagai situasi.
- Memahami bahwa internet adalah jaringan global yang menghubungkan banyak perangkat di seluruh dunia.
4. **Analisis Data (AD):**
Peserta didik akan mampu mengenali, mengelompokkan, membandingkan, dan mengurutkan data dalam bentuk objek konkret. Mereka akan dapat:
- Mengidentifikasi data dalam konteks sehari-hari, seperti daftar barang atau informasi pribadi.
- Mengelompokkan data berdasarkan atribut atau ciri-ciri yang serupa.
- Membandingkan data untuk menemukan kesamaan dan perbedaan di antara mereka.
- Mengurutkan data berdasarkan kriteria tertentu, seperti harga, ukuran, atau abjad.
- Menyimpulkan informasi dari data yang dianalisis.
5. **Algoritma dan Pemrograman (AP):**
Peserta didik akan dapat menjelaskan pengalaman atau kejadian dengan urutan logis dan bahasa yang jelas. Mereka akan mampu:
- Menggambarkan kejadian atau proses sehari-hari secara berurutan dan logis.
- Menjalankan instruksi sederhana dan menjelaskan maknanya dengan menggunakan istilah pemrograman, seperti kalimat kondisional (jika... maka...) dan pengulangan (perulangan).
- Mengomposisi simbol atau langkah-langkah dalam urutan logis untuk menyelesaikan suatu tugas atau masalah.
- Mengenali struktur logis dari komposisi simbol atau instruksi yang digunakan dalam pemrograman.
Download Lengkap Capaian Pembelajaran Informatika Kelas 2 Fase A SD/MI - Kurikulum Merdeka
Type File : Rar
File Size : 170 kb
Dengan pemahaman yang lebih lengkap tentang capaian pembelajaran informatika ini, peserta didik di kelas 2 Fase A SD/MI akan siap untuk memahami dasar-dasar komputasi, teknologi informasi, dan pemrograman yang relevan dengan dunia digital saat ini.