Capaian Pembelajaran (CP) untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 7 Fase D SMP/MTs dalam Kurikulum Merdeka memiliki beberapa tujuan yang ingin dicapai oleh peserta didik. Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkap dan jelas mengenai capaian-capaian yang ditargetkan:
1. **Pemahaman dan Kesadaran Diri serta Interaksi dengan Lingkungan Terdekat**:
- Peserta didik diharapkan memiliki pemahaman yang kuat tentang keberadaan diri mereka sendiri.
- Mereka juga diharapkan mampu berinteraksi dengan lingkungan terdekatnya, termasuk teman-teman, keluarga, dan masyarakat sekitar.
2. **Analisis Hubungan antara Kondisi Geografis Daerah dengan Karakteristik Masyarakat**:
- Peserta didik diharapkan dapat menganalisis bagaimana kondisi geografis suatu daerah mempengaruhi karakteristik masyarakat di daerah tersebut.
- Mereka juga diharapkan memahami potensi sumber daya alam di daerah tersebut dan bagaimana potensi ini berkaitan dengan upaya mitigasi kebencanaan.
3. **Analisis Hubungan antara Keragaman Kondisi Geografis Nusantara dengan Kemajemukan Budaya**:
- Peserta didik diharapkan mampu menganalisis dampak keragaman kondisi geografis di Nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya.
4. **Pemahaman tentang Upaya Masyarakat dalam Memenuhi Kebutuhan Hidup**:
- Peserta didik diharapkan memahami bagaimana masyarakat berusaha memenuhi kebutuhan hidup mereka, termasuk aspek-aspek seperti pangan, sandang, papan, pendidikan, dan kesehatan.
5. **Analisis Peran Pemerintah dan Masyarakat dalam Pertumbuhan Perekonomian**:
- - Peserta didik diharapkan mampu menganalisis peran yang dimainkan oleh pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan perekonomian di suatu daerah atau negara.
6. **Pemahaman Konsep-konsep yang Berkaitan dengan Keruangan, Interaksi Sosial, Pemenuhan Kebutuhan, dan Kesejarahan Perkembangan Masyarakat**:
- Peserta didik diharapkan memahami konsep-konsep seperti pola dan persebaran keruangan, interaksi sosial, pemenuhan kebutuhan, serta sejarah perkembangan kehidupan masyarakat dengan mendalam.
7. **Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis, Berkomunikasi, Berkreativitas, dan Berkolaborasi**:
- Selain pemahaman konseptual, peserta didik juga diharapkan mengembangkan keterampilan berpikir kritis, berkomunikasi, berkreativitas, dan berkolaborasi.
- Mereka diharapkan mampu menerapkan keterampilan ini dalam konteks perkembangan teknologi terkini.
8. **Penerapan Materi Pembelajaran melalui Pendekatan Keterampilan Proses**:
- Peserta didik diharapkan mampu mengaplikasikan materi pembelajaran dengan menggunakan berbagai keterampilan proses, seperti mengamati, menanya dengan rumus 5W 1H (Who, What, When, Where, Why, How), memperkirakan hasil berdasarkan informasi yang ditemukan, mengumpulkan informasi dari berbagai sumber seperti studi pustaka, studi dokumen, lapangan, wawancara, observasi, kuesioner, dan teknik pengumpulan informasi lainnya.
Download Lengkap Capaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7 Fase D SMP/MTs - Kurikulum Merdeka
Type File : Rar
File Size : 170 kb
Dengan mencapai tujuan-tujuan ini, peserta didik diharapkan dapat memiliki pemahaman yang mendalam tentang aspek-aspek sosial, ekonomi, geografis, dan budaya dalam masyarakat mereka, serta mengembangkan keterampilan yang relevan untuk berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, dan mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam kehidupan sehari-hari serta dalam perkembangan teknologi terkini.