Capaian Pembelajaran Jenjang PAUD dalam Fase Fondasi Kurikulum Merdeka adalah seperangkat kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik pada tahap awal pendidikan anak usia dini (PAUD). Capaian pembelajaran ini mencakup tiga aspek utama:
- Nilai Agama dan Budi Pekerti: Peserta didik diharapkan mengembangkan pemahaman tentang nilai-nilai agama dan moral, serta budi pekerti yang baik. Mereka diajarkan untuk berperilaku baik, berempati, bersikap toleran, dan menghormati perbedaan antarindividu.
- Jati Diri: Bagian penting dari capaian pembelajaran ini adalah pembentukan jati diri anak. Mereka diajak untuk mengenali dan menerima diri mereka sendiri, memahami peran mereka dalam keluarga dan masyarakat, serta mengembangkan rasa percaya diri dan kemandirian.
- Dasar Literasi dan STEM (Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Matematika) 1: Peserta didik diperkenalkan dengan dasar-dasar literasi, seperti membaca, menulis, dan berbicara. Mereka juga dikenalkan dengan konsep-konsep dasar dalam sains, teknologi, rekayasa, dan matematika yang relevan untuk usia mereka.
Download Elemen CP PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) Fase Fondasi || Kurikulum Merdeka
📥Download
Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan dan fleksibilitas yang besar bagi satuan PAUD untuk menentukan pendekatan pengajaran dan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan lokal dan karakteristik peserta didik mereka. Ini berarti bahwa setiap PAUD dapat mengadaptasi kurikulum sesuai dengan konteks tradisi lokal mereka, merayakan hari besar nasional atau internasional, dan memilih tema yang sesuai dengan tujuan pembelajaran mereka.
Penguatan profil pelajar Pancasila di PAUD dilakukan melalui projek-projek yang dirancang untuk memahamkan peserta didik tentang nilai-nilai Pancasila, yang merupakan dasar negara Indonesia. Projek-projek ini dapat berkaitan dengan tradisi lokal, perayaan hari nasional, atau peristiwa internasional yang relevan. Setiap PAUD dapat melaksanakan satu hingga dua projek dengan tema berbeda dalam satu tahun ajaran. Hal ini bertujuan untuk mendukung pemahaman peserta didik tentang Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sepanjang tahun pembelajaran.