Capaian pembelajaran pada Fase F dalam Kurikulum Merdeka untuk mata pelajaran Sejarah di kelas 12 mencakup beberapa aspek penting yang melibatkan pemahaman konsep dasar sejarah, analisis dan evaluasi peristiwa sejarah, penelitian sejarah, komunikasi hasil penelitian, dan aktualisasi minat bakat. Berikut penjelasan lebih lengkap dan jelasnya:
- **Pemahaman Konsep Dasar Sejarah:** Pada Fase F, peserta didik di kelas 12 diharapkan memiliki pemahaman yang kuat tentang konsep-konsep dasar sejarah. Mereka diharapkan mampu mengembangkan pemahaman tentang prinsip-prinsip sejarah, termasuk kronologi, penyebab-akibat, kontinuitas, perubahan, dan dampak peristiwa sejarah. Pemahaman ini akan digunakan untuk mengkaji peristiwa sejarah dalam lintasan lokal, nasional, dan global.
- **Analisis dan Evaluasi Peristiwa Sejarah:** Peserta didik akan belajar untuk menganalisis dan mengevaluasi berbagai peristiwa sejarah yang terjadi di Indonesia. Ini mencakup peristiwa seperti Kolonialisme dan Perlawanan Bangsa Indonesia, Pergerakan Kebangsaan Indonesia, Pendudukan Jepang di Indonesia, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan, Pemerintahan Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin, Pemerintahan Orde Baru, serta Pemerintahan Reformasi. Mereka akan menggunakan berbagai pendekatan dan sumber daya, seperti literasi, diskusi, kunjungan langsung ke tempat bersejarah, dan penelitian berbasis proyek kolaboratif untuk memahami konteks dan implikasi dari peristiwa-peristiwa ini.
- **Penelitian Sejarah:** Peserta didik di kelas 12 akan diajak untuk mengembangkan kemampuan penelitian sejarah. Mereka akan belajar bagaimana menggunakan sumber primer (sumber langsung dari periode sejarah yang diteliti) dan/atau sekunder (analisis yang dibuat oleh peneliti lain) untuk melakukan penelitian sejarah secara diakronis (penelitian yang melibatkan berbagai periode waktu) dan/atau sinkronis (penelitian yang fokus pada periode waktu tertentu). Hasil penelitian ini akan mereka komunikasikan dalam berbagai bentuk, termasuk lisan, tulisan, dan/atau media lain.
- **Komunikasi Hasil Penelitian:** Selain melakukan penelitian, peserta didik juga akan mempelajari cara efektif mengkomunikasikan hasil penelitian sejarah mereka. Mereka akan menggunakan keterampilan sejarah untuk menjelaskan, menganalisis, dan mengevaluasi peristiwa sejarah, serta memaknai nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Ini melibatkan kemampuan berbicara, menulis, dan menggunakan media lain untuk menyampaikan temuan mereka dengan jelas dan persuasif.
- **Aktualisasi Minat Bakat:** Peserta didik di kelas 12 juga diberikan kesempatan untuk mengaktualisasikan minat dan bakat mereka dalam bidang sejarah. Mereka dapat menggunakan sumber primer dan sekunder untuk melakukan penelitian sejarah sesuai dengan minat mereka, baik secara sinkronis (memfokuskan pada periode waktu tertentu) atau diakronis (melibatkan berbagai periode waktu). Selain itu, mereka diajak untuk mengambil studi lanjutan dalam bidang sejarah atau terlibat dalam kegiatan kesejarahan di luar sekolah untuk mendalami minat mereka lebih lanjut.
Download Lengkap Capaian Pembelajaran Sejarah Kelas 12 Fase F SMA/MA - Kurikulum Merdeka
Type File : Rar
File Size : 171 kb
Dengan demikian, Fase F dalam Kurikulum Merdeka untuk mata pelajaran Sejarah di kelas 12 memiliki tujuan yang komprehensif untuk membekali peserta didik dengan pemahaman yang mendalam tentang sejarah serta kemampuan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan berkomunikasi tentang peristiwa sejarah dengan baik, sambil mendorong pengembangan minat bakat mereka dalam bidang sejarah.