Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits merupakan suatu evaluasi akademik yang dilakukan oleh guru pada akhir semester ganjil di tingkat SMA/MA kelas 10, sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Tujuan dari SAS ini adalah untuk menilai sejauh mana peserta didik telah mencapai dan menguasai kompetensi yang telah diajarkan selama periode pembelajaran semester ganjil.
Mata pelajaran Al-Qur’an Hadits merupakan bagian integral dari kurikulum di SMA/MA. Fokus utama mata pelajaran ini adalah mempelajari ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits Nabi Muhammad SAW yang berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan, seperti aqidah, ibadah, akhlak, muamalah, dan bidang lainnya. Tujuan lainnya dari mata pelajaran ini adalah mengembangkan keterampilan peserta didik dalam membaca, memahami, dan mengaplikasikan ajaran Al-Qur’an dan Hadits dalam kehidupan sehari-hari.
Penyusunan soal dalam SAS mata pelajaran Al-Qur’an Hadits semester ganjil kelas 10 SMA/MA Kurikulum Merdeka mengacu pada Kisi-Kisi Soal SAS yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Kisi-kisi ini memuat informasi tentang indikator pencapaian kompetensi, materi pokok yang diuji, alokasi waktu ujian, bentuk soal yang digunakan, jumlah soal, serta kriteria penilaian yang akan diterapkan dalam penilaian SAS tersebut. Informasi terperinci tentang kisi-kisi ini dapat diunduh dari situs resmi Kemendikbudristek.
Download Contoh Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Al-Qur'an Hadits Kelas 10 Semester Ganjil SMA/MA || Kurikulum Merdeka + Kisi-Kisi dan Kunci Jawabannya
Soal-soal contoh yang dapat dilihat pada situs yang disediakan disusun berdasarkan kisi-kisi yang telah ditetapkan. Mereka mewakili jenis-jenis pertanyaan dan materi yang akan diuji dalam evaluasi tersebut, memberikan gambaran kepada peserta didik tentang jenis pengetahuan dan keterampilan yang akan dinilai dalam ujian SAS mata pelajaran Al-Qur’an Hadits.