Pengertian Soal SAS Informatika Kelas 2 SD/MI || Kurikulum Merdeka
Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Informatika Kelas 2 Semester Ganjil SD/MI bertujuan untuk mengevaluasi pencapaian kompetensi peserta didik pada mata pelajaran Informatika di akhir semester ganjil. Penyusunan soal ini mengacu pada Kurikulum Merdeka, yang memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik.
Materi yang diujikan dalam SAS Informatika mencakup konsep-konsep esensial, relevan, dan mendalam yang telah dipelajari selama semester ganjil. Ini termasuk pengenalan komputer, pemahaman tentang perangkat keras dan lunak, penggunaan internet, dan pemahaman media sosial. Soal-soal ini dirancang untuk menguji pemahaman dan kemampuan peserta didik dalam menggunakan aplikasi komputer, seperti pengolah kata, pengolah angka, dan penyaji grafis.
Soal SAS Informatika beragam dalam format, mencakup pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Dengan demikian, peserta didik diharapkan dapat menunjukkan pemahaman yang komprehensif dan keterampilan praktis terkait dengan mata pelajaran Informatika. Selain itu, penekanan pada materi yang esensial dan relevan memberikan asesmen yang holistik terhadap perkembangan peserta didik dalam menguasai konsep-konsep kunci dalam bidang Informatika.
Download Contoh Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Informatika Kelas 2 Semester Ganjil SD/MI || Kurikulum Merdeka (+ Kisi-Kisi dan Kunci Jawabannya)
Dengan demikian, tujuan utama dari SAS Informatika Kelas 2 Semester Ganjil SD/MI adalah mengukur sejauh mana peserta didik telah mencapai kompetensi yang diharapkan pada akhir semester, sekaligus memberikan gambaran kepada pendidik mengenai efektivitas pembelajaran yang telah dilakukan selama periode tersebut.