Pengertian Soal SAS Informatika Kelas 3 SD/MI || Kurikulum Merdeka
Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Informatika Kelas 3 Semester Ganjil SD/MI merupakan alat evaluasi yang digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada mata pelajaran Informatika pada akhir semester ganjil. Penyusunan soal ini mengacu pada Kurikulum Merdeka, yang memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik.
Soal ini dirancang untuk mencakup materi-materi esensial, relevan, dan mendalam yang telah dipelajari selama semester ganjil. Materi tersebut melibatkan pengenalan komputer, perangkat keras dan lunak, internet, serta media sosial. Tujuan utama dari soal ini adalah menguji pemahaman peserta didik terhadap konsep-konsep tersebut serta kemampuan mereka dalam menggunakan aplikasi komputer yang meliputi pengolah kata, pengolah angka, dan penyaji grafis.
Format soal SAS Informatika Kelas 3 Semester Ganjil SD/MI mencakup pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Pilihan ganda digunakan untuk mengukur pemahaman konsep secara lebih terinci dan mendalam. Isian singkat digunakan untuk mengevaluasi kemampuan peserta didik dalam menyajikan informasi secara singkat namun jelas. Uraian digunakan untuk mengukur kemampuan analisis, sintesis, dan penerapan pengetahuan peserta didik.
Download Contoh Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Informatika Kelas 3 Semester Ganjil SD/MI || Kurikulum Merdeka (+ Kisi-Kisi dan Kunci Jawabannya)
Melalui soal ini, diharapkan dapat terlihat sejauh mana pencapaian peserta didik dalam menguasai materi Informatika yang telah diajarkan selama semester ganjil. Dengan menggunakan berbagai jenis soal, pendidik dapat mendapatkan gambaran komprehensif tentang kemampuan peserta didik dalam berbagai aspek, mulai dari pemahaman konsep hingga keterampilan praktis dalam menggunakan aplikasi komputer.