Pengertian Soal SAS IPAS Kelas 3 SD/MI || Kurikulum Merdeka
Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) IPAS Kelas 3 Semester Ganjil SD/MI Kurikulum Merdeka dirancang untuk mengevaluasi pencapaian hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada akhir semester ganjil. Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada pendidik dan peserta didik untuk menentukan tujuan, proses, dan penilaian pembelajaran.
Soal ini dapat mengambil berbagai format, seperti pilihan ganda, isian singkat, uraian, atau bentuk lain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Selain itu, soal dapat mencakup satu atau lebih tujuan pembelajaran yang telah dipelajari selama semester ganjil. Pendekatan penilaian juga dapat bervariasi, tidak terbatas pada tes, melainkan dapat mencakup observasi dan penilaian berbasis kinerja, seperti praktik, produksi produk, proyek, atau pembuatan portofolio.
Tujuan Utama Soal SAS IPAS Kelas 3 SD/MI || Kurikulum Merdeka
Tujuan utama dari Soal SAS IPAS Kelas 3 Semester Ganjil adalah:
- **Alat Ukur Pencapaian Hasil Belajar:** Soal ini bertindak sebagai alat ukur untuk menilai sejauh mana peserta didik mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan selama semester ganjil.
- **Penilaian Capaian Hasil Belajar:** Melalui jawaban peserta didik, guru dapat memberikan nilai yang mencerminkan capaian hasil belajar mereka. Nilai ini nantinya dapat dibandingkan dengan kriteria capaian yang telah ditetapkan.
- **Dasar Pengambilan Keputusan:** Hasil penilaian dapat digunakan untuk menentukan kelanjutan proses belajar siswa di kelas atau jenjang berikutnya. Ini memberikan dasar bagi guru untuk merancang pembelajaran lanjutan sesuai dengan kebutuhan individu siswa.
Download Contoh Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) IPAS Kelas 3 Semester Ganjil SD/MI || Kurikulum Merdeka (+ Kisi-Kisi dan Kunci Jawabannya)
- 📂Kisi-Kisi Soal 📥 Segera..🙏
- 📂Naskah Soal 📥 Download
- 📂Kunci Jawaban Soal + Pembahasan 📥 Download
Contoh soal SAS IPAS Kelas 3 Semester Ganjil SD/MI Kurikulum Merdeka dapat ditemukan di berbagai sumber, termasuk situs web seperti www.gurumerdeka.net yang menyediakan bank soal dan kisi-kisi Kurikulum Merdeka. Dengan memanfaatkan variasi format dan pendekatan penilaian, soal ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang komprehensif tentang pencapaian peserta didik dalam memahami materi IPAS selama semester ganjil.