Pengantar Soal SAS Matematika Kelas 1 SD/MI || Kurikulum Merdeka
Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Matematika Kelas 1 Semester Ganjil SD/MI Kurikulum Merdeka merupakan sebuah instrumen evaluasi diri yang dirancang untuk mengukur pemahaman dan kemampuan peserta didik terhadap materi pelajaran yang telah diajarkan selama periode pembelajaran di kelas. Asesmen ini bersifat akhir semester, dilakukan setelah selesainya pembelajaran pada setiap bab atau topik tertentu.
Penilaian harian merupakan bagian integral dari proses evaluasi ini, dan dilaksanakan secara berkala setelah penyelesaian setiap bab pembelajaran. Tujuan penilaian harian ini adalah untuk memberikan gambaran sejauh mana peserta didik memahami dan menguasai materi yang telah diajarkan pada tingkat bahan ajar yang lebih kecil, seperti bab atau topik tertentu. Nilai yang diperoleh dari penilaian harian menjadi bukti fisik yang dapat membantu guru dalam memahami perkembangan peserta didik secara lebih rinci.
Penggunaan nilai hasil penilaian harian bukan hanya sebagai rekam jejak pencapaian, tetapi juga sebagai alat untuk mengidentifikasi area-area yang memerlukan perhatian lebih lanjut dalam upaya meningkatkan prestasi peserta didik. Guru dapat menggunakan informasi ini sebagai dasar untuk menyusun strategi pembelajaran yang lebih sesuai dengan kebutuhan individual siswa.
Sementara itu, kegiatan Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) berfungsi sebagai penilaian komprehensif yang mencakup seluruh materi pembelajaran selama satu semester. Hasil dari SAS menjadi dasar untuk mengevaluasi secara menyeluruh pencapaian peserta didik dalam kurun waktu yang lebih panjang. Persentase nilai yang diperoleh dari SAS menjadi acuan bagi guru untuk merencanakan dan melaksanakan perbaikan atau penyesuaian dalam metode pengajaran, materi, atau pendekatan pembelajaran lainnya.
Download Contoh Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Matematika Kelas 1 Semester Ganjil SD/MI || Kurikulum Merdeka (+ Kisi-Kisi dan Kunci Jawabannya)
- 📂Kisi-Kisi Soal 📥 Segera..🙏
- 📂Naskah Soal 📥 Download
- 📂Kunci Jawaban Soal + Pembahasan 📥 Download
Seluruh proses penilaian ini dirancang untuk menciptakan siklus umpan balik yang terus-menerus antara guru dan peserta didik. Dengan demikian, guru dapat secara efektif menyesuaikan pendekatan pengajaran mereka untuk memenuhi kebutuhan individu peserta didik dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.