Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Pembelajaran yang Sesuai dengan Tingkat Kemampuan
Topik:
Pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan
Indikator:
Mampu menentukan tahapan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik
Soal:
Di kelas MI terdapat 25 siswa dengan kemampuan belajar yang beragam. Sebanyak 10 siswa termasuk kategori cepat belajar, 12 siswa termasuk kategori sedang, dan 3 siswa termasuk kategori lambat belajar. Guru ingin menerapkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
Pertanyaan:
Tahapan pembelajaran manakah yang paling tepat diterapkan guru untuk mengakomodasi keragaman kemampuan belajar siswa di kelas tersebut?
(A) Tahap pendahuluan, tahap inti, dan tahap penutup dengan durasi yang sama untuk semua siswa.
(B) Tahap pendahuluan yang sama, tahap inti dengan diferensiasi pembelajaran, dan tahap penutup yang sama.
(C) Tahap pendahuluan dan tahap penutup yang sama, tahap inti dengan pengelompokan homogen.
(D) Tahap pendahuluan dengan pengelompokan heterogen, tahap inti dengan diferensiasi pembelajaran, dan tahap penutup yang sama.
(E) Tahap pendahuluan, tahap inti, dan tahap penutup dengan pembelajaran remedial bagi siswa yang lambat belajar.
Kunci Jawaban:
B) Tahap pendahuluan yang sama, tahap inti dengan diferensiasi pembelajaran, dan tahap penutup yang sama.
Pembahasan:
Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student-centered learning) menekankan pada kebutuhan dan kemampuan individu siswa. Oleh karena itu, guru perlu menerapkan strategi pembelajaran yang mengakomodasi keragaman kemampuan belajar siswa di kelas.
Berikut penjelasan tahapan pembelajaran yang tepat:
Tahap Pendahuluan:
Pada tahap ini, guru dapat menerapkan kegiatan yang sama untuk semua siswa, seperti apersepsi, motivasi, dan penyampaian tujuan pembelajaran.
Tahap Inti:
Pada tahap inilah guru perlu melakukan diferensiasi pembelajaran. Diferensiasi pembelajaran dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti:Diferensiasi konten: Guru menyediakan materi pembelajaran dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.
Diferensiasi proses: Guru menyediakan pilihan aktivitas belajar yang beragam dengan tingkat kompleksitas yang berbeda-beda.
Diferensiasi produk: Guru memberikan pilihan hasil belajar yang beragam sesuai dengan kemampuan siswa.
Tahap Penutup:
Pada tahap ini, guru dapat melakukan refleksi pembelajaran bersama seluruh siswa. Guru juga dapat memberikan umpan balik dan penilaian terhadap hasil belajar siswa.
Alasan mengapa pilihan jawaban lain tidak tepat:
(A) Tahap pendahuluan, tahap inti, dan tahap penutup dengan durasi yang sama untuk semua siswa: Hal ini tidak tepat karena tidak mengakomodasi keragaman kemampuan belajar siswa.
(C) Tahap pendahuluan dan tahap penutup yang sama, tahap inti dengan pengelompokan homogen: Pengelompokan homogen dapat membatasi interaksi dan kolaborasi antar siswa.
(D) Tahap pendahuluan dengan pengelompokan heterogen, tahap inti dengan diferensiasi pembelajaran, dan tahap penutup yang sama: Pengelompokan heterogen dapat dilakukan di tahap pendahuluan, tetapi tidak semua siswa membutuhkan diferensiasi pembelajaran.
(E) Tahap pendahuluan, tahap inti, dan tahap penutup dengan pembelajaran remedial bagi siswa yang lambat belajar: Pembelajaran remedial hanya diberikan kepada siswa yang membutuhkan, bukan semua siswa.
Kesimpulan:
Tahap pembelajaran yang paling tepat untuk mengakomodasi keragaman kemampuan belajar siswa di kelas MI adalah tahap pendahuluan yang sama, tahap inti dengan diferensiasi pembelajaran, dan tahap penutup yang sama.