Notification texts go here Contact Us Get It Now!

Pengembangan Indikator HOTs

Contoh Soal Pilihan Ganda USKA PPG Daljab Kemenag 2024: Pengembangan Indikator HOTs

Contoh Soal Pilihan Ganda USKA PPG Daljab Kemenag 2024: Pengembangan Indikator HOTs

Indikator Soal:

  1. Menentukan indikator pencapaian kompetensi yang sesuai dengan KD pada level analisis
  2. Menentukan indikator pencapaian kompetensi yang sesuai dengan KD pada proses berpikir mengevaluasi
  3. Menentukan indikator kata kerja operasional (KKO) yang sesuai dengan KD pada level proses berpikir mencipta
  4. Menentukan indikator pencapaian kompetensi yang sesuai dengan KD pada level penalaran

Soal 1:

Kompetensi Dasar (KD): 3.11 Menganalisis teks berita untuk mengidentifikasi struktur dan kebahasaan
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK): 
  • Peserta didik mampu mengidentifikasi struktur teks berita dengan benar.
  • Peserta didik mampu mengidentifikasi unsur-unsur kebahasaan teks berita dengan benar.
Manakah indikator pencapaian kompetensi yang sesuai dengan KD 3.11 pada level analisis?
a. Peserta didik mampu menyimpulkan isi teks berita. 
b. Peserta didik mampu mengevaluasi kredibilitas teks berita.
c. Peserta didik mampu mengidentifikasi struktur teks berita dengan benar. 
d. Peserta didik mampu menulis teks berita dengan struktur yang tepat.

Kunci Jawaban: c

Pembahasan:

Soal ini berkaitan dengan level analisis, yaitu kemampuan untuk menguraikan informasi menjadi bagian-bagian kecil dan memahami hubungan antar bagian tersebut. Indikator c, "Peserta didik mampu mengidentifikasi struktur teks berita dengan benar," merupakan indikator yang paling tepat karena menuntut peserta didik untuk menguraikan struktur teks berita (judul, lead, isi, dan penutup) dan memahami hubungan antar bagian tersebut.

Soal 2:

Kompetensi Dasar (KD): 4.12 Mengevaluasi argumen dalam teks persuasi untuk menentukan kualitasnya
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK):
  • Peserta didik mampu mengidentifikasi argumen dalam teks persuasi dengan benar.
  • Peserta didik mampu menilai kualitas argumen dalam teks persuasi dengan benar.
Manakah indikator pencapaian kompetensi yang sesuai dengan KD 4.12 pada proses berpikir mengevaluasi?
a. Peserta didik mampu meringkas teks persuasi dengan benar. 
b. Peserta didik mampu menulis teks persuasi dengan argumen yang logis. 
c. Peserta didik mampu mengidentifikasi argumen dalam teks persuasi dengan benar. 
d. Peserta didik mampu menyusun kerangka teks persuasi dengan logis.

Kunci Jawaban: c

Pembahasan:

Soal ini berkaitan dengan proses berpikir mengevaluasi, yaitu kemampuan untuk menilai kualitas suatu informasi atau argumen. Indikator c, "Peserta didik mampu mengidentifikasi argumen dalam teks persuasi dengan benar," merupakan indikator yang paling tepat karena menuntut peserta didik untuk menilai kualitas argumen dalam teks persuasi dengan cara mengidentifikasi argumen yang logis, relevan, dan kuat.

Soal 3:

Kompetensi Dasar (KD): 3.14 Mencipta teks berita berdasarkan data dan fakta
Kata Kerja Operasional (KKO):
  • Mencipta
  • Merumuskan
  • Menyusun
Manakah kata kerja operasional yang paling tepat untuk indikator pencapaian kompetensi KD 3.14?
a. Menganalisis 
b. Mengevaluasi 
c. Mencipta 
d. Mengidentifikasi

Kunci Jawaban: c

Pembahasan:

Soal ini berkaitan dengan level proses berpikir mencipta, yaitu kemampuan untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan original. Kata kerja operasional "mencipta" merupakan kata yang paling tepat karena menuntut peserta didik untuk menghasilkan teks berita yang baru dan original berdasarkan data dan fakta.

Soal 4:

Kompetensi Dasar (KD): 4.15 Menalar dan menghubungkan informasi dari berbagai sumber untuk membangun argumen yang logis
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK):
  • Peserta didik mampu mengidentifikasi informasi dari berbagai sumber dengan benar.
  • Peserta didik mampu menghubungkan informasi dari berbagai sumber dengan logis.
  • Peserta didik mampu membangun argumen yang logis berdasarkan informasi dari berbagai sumber.
Manakah indikator pencapaian kompetensi yang sesuai dengan KD 4.15 pada level penalaran?
a. Peserta didik mampu meringkas informasi dari berbagai sumber dengan benar. 
b. Peserta didik mampu menulis argumen yang logis dan koheren. 
c. Peserta didik mampu mengidentifikasi informasi dari berbagai sumber dengan benar. 
d. Peserta didik mampu menganalisis bias dan kekeliruan informasi dari berbagai sumber.

Kunci Jawaban: c

Pembahasan:

Soal ini berkaitan dengan level penalaran, yaitu kemampuan untuk menarik kesimpulan dan membuat argumen berdasarkan informasi yang tersedia. Indikator c, "Peserta didik mampu mengidentifikasi informasi dari berbagai sumber dengan benar," merupakan indikator yang paling tepat karena menuntut peserta didik untuk memahami informasi dari berbagai sumber dan memilih informasi yang relevan dan akurat untuk membangun argumen yang logis.

Catatan:

Soal-soal di atas hanya contoh, dan masih banyak indikator dan soal lain yang dapat dibuat untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa.

Tambahan:

Berikut adalah beberapa tips untuk mengembangkan indikator HOTs:
  • Gunakan kata kerja operasional yang tepat untuk setiap level berpikir kritis.
  • Pastikan indikator dapat diukur dengan jelas dan objektif.
  • Buatlah indikator yang sesuai dengan materi pembelajaran dan tujuan pembelajaran.
  • Gunakan indikator untuk mengembangkan soal-soal yang dapat mengukur kemampuan berpikir kritis siswa.
Semoga contoh soal dan pembahasan di atas dapat membantu Anda dalam mengembangkan indikator HOTs untuk pembelajaran di kelas.

Posting Komentar

Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Anda di situs kami! Kami menghargai waktu yang Anda luangkan untuk mengeksplorasi konten dan layanan yang kami tawarkan. Di sini, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna kami. Pendapat dan pandangan Anda memiliki peran yang sangat penting dalam membantu kami meningkatkan kualitas layanan dan konten yang kami sediakan
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.