Struktur Kurikulum pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah yang dibagi menjadi 2 (dua) kegiatan utama, yaitu:
- pembelajaran intrakurikuler;
- projek penguatan profil pelajar Pancasila.
Kegiatan pembelajaran intrakurikuler untuk pada mata pelajaran mengacu pada capaian pembelajaran. Kegiatan pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila ditujukan untuk memperkuat upaya pencapaian profil pelajar Pancasila yang mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan.
Pemerintah juga sudah mengatur beban belajar untuk setiap muatan atau mata pelajaran dalam Jam Pelajaran (JP) per tahun. Satuan pendidikan juga bisa mengatur alokasi waktu setiap minggunya secara fleksibel dalam 1 (satu) tahun ajaran.
Satuan pendidikan juga bisa menambahkan muatan lokal yang ditetapkan oleh pemerintah daerah sesuai dengan karakteristik daerah. Satuan pendidikan bisa dapat menambahkan muatan tambahan sesuai karakteristik satuan pendidikan secara fleksibel, melalui 3 (tiga) pilihan sebagai berikut:
- mengintegrasikan ke dalam mata pelajaran lain;
- mengintegrasikan ke dalam tema projek penguatan profil pelajar Pancasila; dan/atau
- mengembangkan mata pelajaran yang berdiri sendiri.
Struktur kurikulum SMA/MA dibagi menjadi 2 (tiga) Fase:
- Fase E untuk kelas X;
- Fase F untuk kelas XI dan XII ;
Untuk jenjang SMA/MA dapat mengorganisasikan muatan pembelajaran menggunakan pendekatan mata pelajaran atau tematik. Proporsi beban kegiatan belajar di SMA/MA terbagi menjadi 2 (dua), yaitu:
- pembelajaran intrakurikuler; dan
- projek penguatan profil pelajar Pancasila yang dialokasikan sekitar 20% (dua puluh persen) beban belajar per tahun.
Pelaksanaan kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, baik muatan maupun waktu pelaksanaan.
Secara muatan, projek juga harus mengacu pada capaian profil pelajar Pancasila sesuai dengan fase peserta didik, dan tidak harus dikaitkan dengan capaian pembelajaran pada mata pelajaran.
Dalam pengelolaan waktu pelaksanaan, projek dapat dilaksanakan dengan menjumlah alokasi jam pelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila dari semua mata pelajaran dan jumlah total waktu pelaksanaan masing-masing projek tidak harus sama.
Struktur Kurikulum SMA/MA (Kelompok Mata Pelajaran MIPA) Fase E dan F - Kurikulum Merdeka
Keterangan selanjutnya bisa dibaca di link berikut : bit.ly/Kurma-2022
Demikian artikel tentang Struktur Kurikulum SMA/MA (Kelompok MIPA) Fase E dan F - Kurikulum Merdeka Semoga bermanfaat bagi kita semua