Notification texts go here Contact Us Get It Now!

Kisah Nabi Nuh. A.S - Materi Ajar PAI Kelas 2 SD/MI Kurikulum Merdeka

Kisah Nabi Nuh. A.S - Materi Ajar PAI Kelas 2 SD/MI Kurikulum Merdeka
Selamat malam bagi anda yang baru bergabung bersama kami, kali ini admin akan menyajikan artikel tentang Materi Ajar singkat Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Pend. Agama Islam Kelas 2 SD/MI sub materi yang berjudul Kisah Nabi Nuh. A.S

Nabi Nuh adalah seorang nabi yang diberitakan dalam kitab-kitab suci Taurat, Zabur, Injil, dan Al-Quran. Dalam agama Islam, Nabi Nuh dianggap sebagai salah satu nabi terpenting yang pernah ada. Berikut adalah cerita lengkap tentang Nabi Nuh dalam Islam:

Kehidupan Nabi Nuh
Nabi Nuh adalah seorang laki-laki yang hidup pada zaman pra-Islam. Ia merupakan keturunan dari Nabi Adam A.S dan merupakan salah satu dari 25 nabi yang tercantum dalam Al-Quran. Ia dianggap sebagai nabi yang sangat sabar dan teguh dalam imannya.

Misi Nabi Nuh
Tugas utama Nabi Nuh adalah untuk menyebarkan ajaran Allah kepada manusia. Ia diutus oleh Allah untuk menyeru manusia agar beriman kepada Allah dan meninggalkan kekufuran. Namun, mayoritas manusia pada zaman itu tidak mau mendengarkan seruan Nabi Nuh dan terus saja mempersekutukan Allah dengan berhala-berhala.

Peristiwa Musibah yang Menimpa Nabi Nuh AS
Karena mayoritas manusia tidak mau mendengarkan seruan Nabi Nuh, Allah memutuskan untuk mengirimkan sebuah musibah besar yaitu banjir besar yang akan menghancurkan seluruh manusia yang tidak beriman kepada Allah.

Nabi Nuh pun diberi perintah oleh Allah untuk membuat sebuah kapal yang dapat menyelamatkan dirinya dan keluarganya dari banjir besar tersebut. Setelah kapal selesai dibuat, Nabi Nuh meminta kepada Allah agar ia diberikan waktu selama 40 hari untuk mengajak manusia lain untuk masuk ke dalam kapal tersebut. Namun, kebanyakan manusia tetap tidak mau mendengarkan seruannya.

Akhirnya, banjir besar yang ditakdirkan oleh Allah itu pun datang. Sebagian besar manusia pun terbawa oleh banjir tersebut dan tewas, sementara Nabi Nuh dan keluarganya yang berada di dalam kapal selamat.

Kepulangan Nabi Nuh
Setelah banjir besar itu reda, Nabi Nuh dan keluarganya kembali ke tanah yang telah diberkati oleh Allah. Di sana, Nabi Nuh membangun sebuah kota yang bernama "Saba'" dan mulai menyebarkan ajaran Allah kepada manusia di sekitarnya. Nabi Nuh juga dianggap sebagai salah satu nabi yang memperkenalkan ajaran tentang monoteisme, yaitu ajaran bahwa hanya ada satu Allah yang harus disembah.

Kepemimpinan Nabi Nuh
Nabi Nuh dianggap sebagai seorang pemimpin yang baik dan adil. Ia selalu mengajarkan kepada manusia tentang pentingnya taqwa (kesadaran akan keberadaan Allah) dan menyeru mereka untuk selalu bersikap baik terhadap sesama.

Peristiwa Akhir Kehidupan Nabi Nuh
Setelah beberapa lama memimpin manusia di kota Saba', Nabi Nuh pun meninggal dunia. Sebelum meninggal, Nabi Nuh meminta kepada Allah agar anaknya yang bernama Sam memimpin manusia setelah dirinya pergi. Allah pun mengabulkan permintaan Nabi Nuh dan Sam pun menjadi pemimpin setelah ayahnya meninggal.

Itulah cerita lengkap tentang Nabi Nuh dalam Islam. Semoga cerita ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang Nabi Nuh dan ajaran-ajaran yang dibawanya.

Demikian Rangkuman Materi Singkat yang berjudul tentang Kisah Nabi Nuh. A.S - Materi Ajar PAI Kelas 2 SD/MI Kurikulum Merdeka
Untuk Menambah pengetahuan dan berbagi bersama guru, silahkan gabung digroup telegram dengan link t.me/gurumerdeka_id

Posting Komentar

Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Anda di situs kami! Kami menghargai waktu yang Anda luangkan untuk mengeksplorasi konten dan layanan yang kami tawarkan. Di sini, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna kami. Pendapat dan pandangan Anda memiliki peran yang sangat penting dalam membantu kami meningkatkan kualitas layanan dan konten yang kami sediakan
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.