Notification texts go here Contact Us Get It Now!

Menyayangi manusia, empati, tutur kata yang lembut dan jujur - Materi Ajar PAI Kelas 2 SD/MI Kurikulum Merdeka

Menyayangi manusia, empati, tutur kata yang lembut dan jujur - Materi Ajar PAI Kelas 2 SD/MI Kurikulum Merdeka

Selamat malam bagi anda yang baru bergabung bersama kami, kali ini admin akan menyajikan artikel tentang Materi Ajar singkat Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Pend. Agama Islam Kelas 2 SD/MI sub materi yang berjudul Arti menyayangi manusia, empati, tutur kata yang lembut dan jujur

Dalam Islam, menyayangi manusia merupakan salah satu prinsip dasar yang dianut oleh umat Islam. Menyayangi manusia ditegaskan dalam ajaran Islam melalui banyak ayat Al-Quran dan hadis Nabi Muhammad. Di antaranya adalah:

  • "Hai orang-orang yang beriman, jadilah orang-orang yang selalu menyayangi (Allah dan sesamamu), sebab sesungguhnya Allah menyayangi orang-orang yang selalu menyayangi (Allah dan sesamamu)." (QS. Al-Baqarah: 195)
  • "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (QS. Al-Ahzab: 56)
  • Dari Abdullah bin Mas'ud, ia berkata: "Rasulullah SAW bersabda: 'Tidak akan masuk surga orang yang tidak menyayangi sesama manusia sebagaimana ia menyayangi dirinya sendiri.'" (HR. Bukhari dan Muslim)
Empati juga merupakan prinsip dasar yang dianut oleh umat Islam. Empati ditegaskan dalam ajaran Islam melalui banyak ayat Al-Quran dan hadis Nabi Muhammad. Di antaranya adalah:
  • "Dan janganlah kamu merasa sombong terhadap orang-orang yang meminta (pertolongan), dan janganlah kamu menghina mereka, dan jadilah kamu selalu bersikap baik kepada mereka." (QS. Al-Baqarah: 215)
  • "Dan janganlah kamu merasa sombong terhadap orang-orang yang telah terjatuh dalam kemiskinan, dan janganlah kamu memandang rendah terhadap mereka. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang merasa sombong dan memandang rendah." (QS. Al-Hajj: 18)
  • Dari Abu Hurairah, ia berkata: "Rasulullah SAW bersabda: 'Barangsiapa yang tidak merasa simpati terhadap umatku, maka tidak akan merasakan simpati dari Allah pada hari kiamat kelak.'" (HR. Bukhari dan Muslim)
Tutur kata yang lembut juga merupakan prinsip dasar yang dianut oleh umat Islam. Tutur kata yang lembut ditegaskan dalam ajaran Islam melalui banyak ayat Al-Quran dan hadis Nabi Muhammad. Di antaranya adalah:
  • "Dan bicarakanlah dengan cara yang paling baik." (QS. Al-Baqarah: 83)
  • "Dan janganlah kamu memakai kekerasan dalam urusanmu, kecuali jika kamu terpaksa (berbuat demikian)." (QS. Al-Baqarah: 190)
  • Dari Anas bin Malik, ia berkata: "Rasulullah SAW bersabda: 'Sesungguhnya Allah Maha Lembut dan Maha Menyayangi. Dia tidak mencela orang yang melakukan kesalahan, kecuali setelah memberi peringatan kepadanya.'" (HR. Bukhari dan Muslim)
Jujur juga merupakan prinsip dasar yang dianut oleh umat Islam. Jujur ditegaskan dalam ajaran Islam melalui banyak ayat Al-Quran dan hadis Nabi Muhammad. Di antaranya adalah:
  • "Dan berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan kitab yang diturunkan kepadanya, dan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya. Dan barangsiapa tidak beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia termasuk orang-orang yang zalim." (QS. Al-Baqarah: 285)
  • "Hai orang-orang yang beriman, jadilah orang-orang yang selalu terikat dengan kebenaran, meskipun itu sesuatu yang buruk bagi kamu sendiri atau (sesuatu yang buruk) bagi orang-orang terdekatmu." (QS. Al-Anfal: 27)
  • Dari Abdullah bin Amr, ia berkata: "Rasulullah SAW bersabda: 'Sesungguhnya jujur itu termasuk bagian dari keimanan, dan kebohongan itu termasuk bagian dari kekufuran.'" (HR. Bukhari dan Muslim)
Menyayangi manusia, empati, tutur kata yang lembut, dan jujur merupakan sikap dan cara bertingkah laku yang sangat dianjurkan dalam Islam. Mereka merupakan prinsip-prinsip dasar yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar seseorang dapat menjadi umat Islam yang sebenar-benarnya.

Demikian Rangkuman Materi Singkat yang berjudul tentang Arti menyayangi manusia, empati, tutur kata yang lembut dan jujur - Materi Ajar PAI Kelas 2 SD/MI Kurikulum Merdeka
Untuk Menambah pengetahuan dan berbagi bersama guru, silahkan gabung digroup telegram dengan link t.me/gurumerdeka_id

Posting Komentar

Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Anda di situs kami! Kami menghargai waktu yang Anda luangkan untuk mengeksplorasi konten dan layanan yang kami tawarkan. Di sini, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna kami. Pendapat dan pandangan Anda memiliki peran yang sangat penting dalam membantu kami meningkatkan kualitas layanan dan konten yang kami sediakan
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.