"Materi Ajar Akidah Akhlak Kelas 1 SD/MI" untuk Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang dirancang khusus untuk mengajar dan mengembangkan pemahaman dan perilaku akidah dan akhlak pada siswa kelas 1 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Kurikulum ini bertujuan untuk membentuk dasar-dasar pemahaman nilai-nilai agama dan moral dalam kehidupan sehari-hari anak-anak.
Materi ajar ini didesain dengan memperhatikan karakteristik perkembangan anak usia dini, sehingga disampaikan secara sederhana, menarik, dan sesuai dengan pemahaman mereka. Kurikulum ini bertujuan untuk membantu anak-anak membangun sikap, perilaku, dan kebiasaan yang positif berdasarkan ajaran agama dan moral.
Tujuan utama dari materi ajar ini adalah:
- Membantu siswa memahami dan mengenal Allah SWT dan ajaran-ajaran agama Islam secara sederhana dan mendalam.
- Mengembangkan pemahaman siswa tentang nilai-nilai agama dan moral dalam kehidupan sehari-hari.
- Mendorong siswa untuk mengamalkan ajaran agama dan menginternalisasikan nilai-nilai akhlak yang baik dalam tindakan dan perilaku mereka.
- Mengembangkan kesadaran siswa tentang pentingnya toleransi, kerjasama, saling menghormati, dan memahami perbedaan dalam kehidupan sosial.
Materi Ajar Akidah Akhlak Kelas 1 SD/MI | Fase A Kurikulum Merdeka
Materi ajar ini dapat mencakup berbagai topik, seperti:
- Kalimat Syahadat || 📖 Baca..!!
- Basmalah, Hamdalah,dan Ta’awudz || 📖 Baca..!!
- Pola Hidup Sehat dan Bersih || 📖 Baca..!!
- Adab Mandi dan Berpakaian || 📖 Baca...!!
- Kisah Nabi Muhammad SAW || 📖 Baca..!!
- 6 Rukun Iman || 📖 Baca...!!
- Asma al-Husna (ar- Rahman, ar-Rahim, al-Hafizh, al- Waliyi, al-Alim dan al-Khabir) || 📖 Baca...!!
- Jujur, Terima kasih, dan Rendah Hati || 📖 Baca.!!
Materi ajar ini disajikan melalui berbagai metode pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan kognitif dan emosional anak usia dini. Metode tersebut dapat meliputi cerita, gambar, lagu-lagu religi, permainan peran, diskusi kelompok kecil, dan kegiatan kreatif lainnya. Selain itu, penekanan juga diberikan pada pembelajaran yang interaktif, dimana siswa diajak untuk aktif berpartisipasi dalam proses belajar-mengajar.
Dalam konteks Kurikulum Merdeka, materi ajar ini didesain agar fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan konteks lokal masing-masing sekolah. Hal ini memungkinkan pengajar untuk mengembangkan metode pengajaran dan memilih materi yang relevan dengan lingkungan sosial, budaya, dan keagamaan siswa.
Penting untuk dicatat bahwa ini adalah penjelasan umum tentang "Materi Ajar Akidah Akhlak Kelas 1 SD/MI" untuk Kurikulum Merdeka, tanpa merujuk pada isi materi pelajaran yang spesifik. Isi materi pelajaran dapat berbeda-beda tergantung pada panduan dan kebijakan yang ditetapkan oleh lembaga pendidikan atau pemerintah setempat.