"Materi Ajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 4 SD/MI" dalam Kurikulum Merdeka merupakan komponen penting dari kurikulum yang bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang sejarah dan kebudayaan Islam kepada siswa kelas 4 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Materi ini dirancang untuk mengajarkan siswa tentang perkembangan peradaban Islam, nilai-nilai, tradisi, dan warisan budaya Islam yang kaya.
Materi ajar ini disusun dengan mempertimbangkan kemampuan pemahaman siswa kelas 4, dengan bahasa yang lebih kompleks dan konteks sejarah yang lebih mendalam. Tujuan utama dari materi ajar ini adalah memperdalam pengetahuan siswa tentang sejarah dan kebudayaan Islam, membangun rasa kebanggaan terhadap identitas keislaman, dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari.
Beberapa tujuan utama dari materi ajar ini adalah:
- Memperkenalkan siswa pada masa kejayaan peradaban Islam dan pengaruhnya terhadap dunia modern.
- Meningkatkan pemahaman siswa tentang peranan tokoh-tokoh penting dalam sejarah Islam.
- Menggali lebih dalam tentang seni, sastra, arsitektur, dan ilmu pengetahuan dalam konteks peradaban Islam.
- Mengajarkan siswa tentang kebijaksanaan dan etika yang terkandung dalam ajaran Islam.
- Mendorong siswa untuk mengaplikasikan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.
Materi Ajar SKI Kelas 4 SD/MI || Fase B Kurikulum Merdeka
Materi ajar ini mencakup berbagai aspek, seperti:
Semester 1 (Gasal)
- Sebab-sebab dan peristiwa sahabat hijrah ke Habasyah
- Peristiwa penting dan sebab-sebab Nabi Muhammad saw.hijrah ke Thaif
- Latar belakang peristiwa hijrah ke Yatsrib
Semester 2 (Genap)
- Peristiwa-peristiwa dalam perjalanan hijrah Nabi Muhammad saw. ke Yatsrib
- Keadaan masyarakat Yatsrib sebelum hijrah Nabi Muhammad saw.
- Latar belakang peristiwa Isra Mikraj Rasulullah saw.
Penting untuk diingat bahwa penjelasan ini hanya memberikan gambaran umum tentang "Materi Ajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas 4 SD/MI" dalam Kurikulum Merdeka. Isi materi pelajaran dapat bervariasi tergantung pada pedoman dan kebijakan yang ditetapkan oleh lembaga pendidikan atau pemerintah setempat.