Pendekatan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) untuk Jenjang Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB): Inovasi dalam Pembelajaran
A. Konsep KOSP untuk SDLB
Pendekatan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) pada jenjang Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) adalah strategi kurikulum yang memberikan kebebasan pada setiap SDLB dalam merencanakan pembelajaran yang cocok. KOSP SDLB mengintegrasikan metode pembelajaran yang mengarahkan proses belajar-mengajar di lingkungan SDLB. Prinsip utama KOSP SDLB adalah menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan individual serta konteks unik di masing-masing SDLB.
B. Unsur-Unsur Komponen KOSP SDLB
Komponen-komponen dasar yang membentuk landasan penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) pada jenjang SDLB adalah:
1. Profil Sekolah Dasar Luar Biasa:
2. Visi, Misi, dan Tujuan Pendidikan
3. Penyelenggaraan Sistem Pembelajaran
4. Rencana Pembelajaran yang Teradaptasi
5. Evaluasi, Pendampingan, dan Peningkatan Tenaga Pendidik
6. Lampiran meliputi:
- Keputusan dari Tim Pengembang Kurikulum
- Contoh Rencana Pembelajaran
- Contoh Proyek Penguatan Nilai Pancasila
- Referensi Hukum terkait Karakteristik SDLB
C. Langkah-langkah Penyusunan KOSP SDLB
Proses penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) pada jenjang SDLB meliputi langkah-langkah berikut:
- Analisis Profil Sekolah Dasar Luar Biasa: Mengenali ciri khusus dari setiap SDLB.
- Perumusan Rancangan KOSP: Merancang panduan awal KOSP SDLB.
- Evaluasi dan Koreksi: Menilai serta memperbaiki rancangan KOSP SDLB.
- Finalisasi KOSP SDLB: Menggabungkan masukan evaluasi ke dalam rancangan akhir.
- Pengesahan KOSP SDLB: Menetapkan KOSP SDLB sebagai pedoman resmi.
- Implementasi KOSP SDLB: Menerapkan KOSP SDLB dalam praktek pembelajaran.
D. Aspek Penting dalam Kurikulum Adaptif untuk SDLB
Beberapa aspek kunci dalam Kurikulum Adaptif untuk SDLB meliputi:
- Penyusunan KOSP SDLB (Kurikulum Adaptif): Dimulai dengan memahami karakteristik unik Sekolah Dasar Luar Biasa.
- Kerangka Dasar Kurikulum: Mengacu pada struktur, pencapaian pembelajaran, prinsip pembelajaran, dan evaluasi yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, dengan merujuk pada Tujuan Pendidikan Nasional dan Standar Nasional Pendidikan.
- Organisasi Pembelajaran: Struktur Kurikulum melibatkan pembelajaran dalam kurikulum inti serta Proyek Penguatan Nilai Pancasila (P5), sekitar 25% dari total Jam Pembelajaran per tahun, dengan minimal 3 proyek yang berkaitan dengan 3 tema berbeda dalam setahun.
- Sumber Belajar: Materi pelajaran, modul pembelajaran, modul P5, contoh KOSP, sumber video pembelajaran, serta referensi lainnya, digunakan sebagai panduan dan inspirasi dalam merencanakan pembelajaran.
- Fleksibilitas Guru: Guru dan SDLB memiliki keleluasaan untuk menyesuaikan metode dan materi ajar sesuai dengan target pembelajaran, situasi sekolah, dan karakteristik siswa.
- Asesmen Bertahap: Dimulai dari asesmen diagnostik awal, melalui asesmen formatif dalam proses pembelajaran, hingga asesmen sumatif akhir.
- Laporan Kemajuan Siswa: Laporan yang singkat dan informatif mengenai kemajuan belajar serta pencapaian siswa.
Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Kurikulum Merdeka
- KOSP Jenjang SDLB || 📥 Download..!
Dengan pendekatan KOSP SDLB, pembelajaran di SDLB menjadi lebih terarah pada kebutuhan individual siswa dan situasi khusus di sekolah, mendorong pembelajaran yang relevan dan efektif.