Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) merupakan ukuran yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk menilai apakah peserta didik telah mencapai kompetensi atau tujuan yang diharapkan dalam suatu mata pelajaran atau bidang studi. KKTP pada kelas 1 SD/MI Fase A Kurikulum Merdeka memiliki beberapa karakteristik yang menjadi acuan dalam menilai pencapaian kompetensi peserta didik. Berikut adalah penjelasan singkat dan jelas mengenai KKTP kelas 1 SD/MI Fase A Kurikulum Merdeka:
Orientasi pada Kemampuan Dasar
KKTP kelas 1 SD/MI Fase A Kurikulum Merdeka berfokus pada pencapaian kemampuan dasar yang esensial dan relevan bagi peserta didik di kelas tersebut. Kemampuan dasar ini mencakup aspek-aspek penting yang harus dikuasai oleh peserta didik sebagai dasar bagi pembelajaran lebih lanjut di jenjang selanjutnya.
Menyertakan Aspek Sikap dan Keterampilan
Selain orientasi pada kemampuan dasar, KKTP juga mencakup aspek sikap dan keterampilan. Kurikulum Merdeka menekankan pentingnya pengembangan sikap positif dan keterampilan praktis dalam kehidupan sehari-hari, sehingga KKTP juga mencerminkan tujuan untuk mencapai perkembangan sosial dan emosional peserta didik.
Penilaian Formatif dan Sumatif
KKTP kelas 1 SD/MI Fase A Kurikulum Merdeka mencakup dua jenis penilaian, yaito penilaian formatif dan sumatif. Penilaian formatif dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung untuk mengidentifikasi perkembangan dan kesulitan peserta didik sehingga dapat dilakukan perbaikan. Sementara itu, penilaian sumatif dilakukan pada akhir periode pembelajaran untuk menentukan sejauh mana kompetensi telah dicapai oleh peserta didik.
Orientasi Pada Pencapaian Kompetensi Minimal
KKTP kelas 1 SD/MI Fase A Kurikulum Merdeka menetapkan standar pencapaian kompetensi minimal yang harus dicapai oleh peserta didik. Standar ini menjadi tolok ukur dalam menilai keberhasilan peserta didik dalam mencapai target pembelajaran.
Adaptif dan Inklusif
KKTP Kurikulum Merdeka dirancang untuk bersifat adaptif dan inklusif. Artinya, KKTP memperhatikan keberagaman peserta didik dan mampu menyesuaikan metode penilaian dengan karakteristik masing-masing individu. Dengan pendekatan inklusif, semua peserta didik memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai ketuntasan tujuan pembelajaran, tanpa memandang latar belakang atau kemampuan awal.
Download Format Analisis KKTP Kelas 1 Fase A Jenjang MI || Kurikulum Merdeka
A. Pendidikan Agama Islam*; || 📥 Download ..!
- Al Quran Hadis || 📥 Download ..!
- Akidah Akhlak || 📥 Download ..!
- Fikih || 📥 Download ..!
B. Bahasa Arab || 📥 Download ..!
C. Pendidikan Pancasila || 📥 Download ..!
D. Bahasa Indonesia || 📥 Download ..!
E. Matematika || 📥 Download ..!
F. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) || 📥 Download ..!
G. Seni dan Budaya**:
- Seni Musik || 📥 Download ..!
- Seni Rupa || 📥 Download ..!
- Seni Teater || 📥 Download ..!
- Seni Tari || 📥 Download ..!
- Prakarya (Budidaya, Pengolahan, Kerajinan, dan Rekayasa) || 📥 Download ..!
H. Bahasa Inggris || 📥 Download ..!
I. Mulok || 📥 Opsional
Keterangan :* PAI (untuk Sekolah Umum) dan Selebihnya untuk madrasah**. Pilihan dan Hanya bisa Pilih salah satu Mapel
Melalui implementasi KKTP kelas 1 SD/MI Fase A Kurikulum Merdeka, diharapkan pembelajaran dapat lebih efektif dan berfokus pada upaya mengembangkan potensi unik setiap peserta didik, sehingga mereka dapat mencapai tingkat kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tahap perkembangan mereka.
#KEYWORD
- Analisis KKTP Kelas 1 Fase A
- KKTP Kelas 1 Kurikulum Merdeka
- Penilaian KKTP SD/MI
- Kurikulum Merdeka SD/MI
- Fase A Kurikulum Merdeka
- Contoh KKTP Kelas 1
- Cara membuat KKTP Kelas 1
- Analisis hasil KKTP
- KKTP dan Kurikulum Merdeka
- KKTP SD/MI terbaru
- KKTP kelas 1 semester 1
- KKTP kelas 1 semester 2
- KKTP sesuai Kurikulum Merdeka
- Penilaian autentik KKTP
- KKTP untuk semua mata pelajaran
- KKTP_1A