Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah elemen kunci dalam Kurikulum Merdeka yang diterapkan di Indonesia. Dalam konteks mata pelajaran Akidah Akhlak untuk Kelas 4 Fase B SD/MI, ATP didesain dengan mempertimbangkan beberapa aspek penting.
Tujuan Pembelajaran (TP) merupakan deskripsi pencapaian dari tiga aspek kompetensi, yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap, yang diharapkan diperoleh siswa melalui satu atau beberapa kegiatan pembelajaran. TP dirumuskan dengan memperhatikan bukti atau eviden yang dapat diamati dan diukur pada siswa, sehingga kemampuan siswa dalam mencapai suatu tujuan pembelajaran dapat dinilai.
Penulisan tujuan pembelajaran sebaiknya mencakup dua komponen utama, yaitu kompetensi dan lingkup materi:
1. **Kompetensi:**
- Kompetensi mencakup kemampuan yang harus ditunjukkan oleh siswa untuk membuktikan bahwa mereka telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran. Ini menggambarkan keterampilan atau pengetahuan yang diharapkan dimiliki siswa pada akhir pembelajaran.
2. **Lingkup Materi:**
- Lingkup materi mencakup konten dan konsep utama yang harus dipahami oleh siswa pada akhir satu periode pembelajaran. Ini berfokus pada materi apa yang akan diajarkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Contoh rinci dari Tujuan Pembelajaran (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), dan Modul Ajar untuk mata pelajaran Akidah Akhlak pada Kurikulum Merdeka di Madrasah dapat diunduh dari situs resmi Kementerian Agama Republik Indonesia untuk memperoleh pandangan yang lebih jelas dan terperinci mengenai implementasi dari kurikulum tersebut.
Download File Lengkap Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Akidah Akhlak Kelas 4 Fase B SD/MI - Kurikulum Merdeka
Type File : Rar
File Size : 169 kb
Outhor/Editor : AVA Studio ID
Harapannya, dengan demikian, pendekatan dan pemahaman terhadap materi ini dapat memberikan pedoman yang lebih jelas bagi para pendidik dan pihak terkait dalam menjalankan proses pembelajaran sesuai dengan arah yang diinginkan oleh kurikulum yang telah ditetapkan.