Notification texts go here Contact Us Get It Now!

ATP Akidah Akhlak Kelas 9 Fase D SMP/MTs - Kurikulum Merdeka

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Akidah Akhlak Kelas 9 Fase D SMP/MTs - Kurikulum Merdeka
ATP Akidah Akhlak Kelas 9 Fase D SMP/MTs - Kurikulum Merdeka

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) atau seringkali disebut sebagai Silabus dalam konteks Kurikulum Merdeka merupakan sebuah panduan atau rencana sistematis yang menguraikan serangkaian tujuan pembelajaran secara terstruktur dan logis. Tujuan utama ATP adalah memberikan landasan bagi pendidik (guru) dalam merencanakan proses pembelajaran dan memberikan panduan bagi peserta didik (siswa) untuk mencapai tujuan pembelajaran pada akhir fase tertentu.
  1. **Rangkaian Tujuan Pembelajaran yang Sistematis**: ATP disusun dalam format yang berurutan, mengikuti langkah-langkah atau tahapan pembelajaran dari awal hingga akhir fase tertentu. Ini membantu dalam menyusun rencana pembelajaran yang terstruktur, mulai dari konsep yang mendasar hingga tingkat pemahaman yang lebih kompleks.
  2. **Prinsip Penyusunan ATP**: Prinsip-prinsip utama dalam penyusunan ATP meliputi esensial, berkesinambungan, kontekstual, dan sederhana. Esensial mengacu pada keberlangsungan pembelajaran yang esensial dan fundamental. Berkesinambungan merujuk pada hubungan yang saling terkait antara satu tujuan dengan tujuan lainnya. Kontekstual mengacu pada penyesuaian ATP dengan karakteristik siswa, kebutuhan mereka, dan kondisi lingkungan pembelajaran. Sederhana menekankan pada penyajian ATP yang jelas dan tidak rumit.
  3. **Dasar Perencanaan Pembelajaran**: Tujuan pembelajaran yang terdapat dalam ATP menjadi landasan bagi pendidik dalam menyusun perencanaan pembelajaran yang efektif. ATP juga dapat menjadi inspirasi bagi pengembangan perangkat pembelajaran serta menjadi landasan bagi evaluasi dan refleksi atas proses pembelajaran.
  4. **Panduan untuk Siswa**: Selain menjadi acuan bagi pendidik, ATP dalam konteks Kurikulum Merdeka juga diarahkan untuk menjadi panduan bagi siswa. Tujuannya adalah agar siswa dapat memahami pencapaian apa yang diharapkan dari mereka pada akhir fase pembelajaran tertentu.
  5. **Dokumen Penyusun Perencanaan Pembelajaran**: Satuan pendidikan akan menggunakan ATP sebagai salah satu rujukan utama dalam menyusun berbagai dokumen perencanaan pembelajaran seperti perangkat ajar. Modifikasi dilakukan agar dokumen tersebut sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik serta kondisi lingkungan belajar.
  6. **Struktur ATP**: ATP biasanya terdiri dari berbagai elemen, seperti Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Perkiraan Jumlah, Jam Kata/Frasa Kunci dan Topik/Konten Inti, Penjelasan Singkat, Profil Pelajar Pancasila, serta Glosarium. Elemen-elemen ini membantu dalam menyajikan panduan pembelajaran yang komprehensif.
Download File Lengkap Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Akidah Akhlak Kelas 9 Fase D SMP/MTs - Kurikulum Merdeka
Type File : Rar
File Size : 169 kb
Outhor/Editor : AVA Studio ID

Dengan demikian, ATP dalam Kurikulum Merdeka merupakan suatu instrumen yang tidak hanya membantu guru dalam merencanakan pembelajaran yang efektif tetapi juga menjadi panduan bagi siswa dalam memperoleh pemahaman yang diharapkan pada akhir suatu fase pendidikan.

إرسال تعليق

Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Anda di situs kami! Kami menghargai waktu yang Anda luangkan untuk mengeksplorasi konten dan layanan yang kami tawarkan. Di sini, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna kami. Pendapat dan pandangan Anda memiliki peran yang sangat penting dalam membantu kami meningkatkan kualitas layanan dan konten yang kami sediakan
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.