Notification texts go here Contact Us Get It Now!

CP Fikih Kelas 11 Fase F SMA/MA - Kurikulum Merdeka

Capaian Pembelajaran Fikih Kelas 11 Fase F SMA/MA - Kurikulum Merdeka
CP Fikih Kelas 11 Fase F SMA/MA - Kurikulum Merdeka

Capaian Pembelajaran Fiqih Fase F untuk Kelas 11 SMA/MA dalam Kurikulum Merdeka adalah langkah penting dalam membentuk pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa dalam konteks agama Islam. Capaian pembelajaran ini dirancang dengan merujuk pada Standar Kompetensi Kelulusan (SKL) dan Standar Isi, termasuk Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) dalam kurikulum tahun 2013. Capaian pembelajaran Fiqih Fase F ini mencakup berbagai kompetensi dan materi yang disajikan dalam format narasi yang komprehensif.

Materi Capaian Pembelajaran Fiqih Fase F:
  1. **Pengetahuan Agama Islam**: Siswa diharapkan memahami secara mendalam prinsip-prinsip ajaran dan dogma-dogma agama Islam. Ini termasuk pemahaman tentang konsep-konsep dasar seperti tawhid (keesaan Tuhan), nubuwwah (kenabian), akhirat (kehidupan setelah kematian), serta aspek-aspek hukum dalam Islam seperti ibadah, muamalah, dan akhlak.
  2. **Pemahaman Kontekstual**: Pembelajaran Fiqih harus selalu diarahkan agar siswa dapat memahami konteks sosial dan keagamaan saat ini. Ini mencakup memahami fenomena sosial keagamaan yang sedang terjadi serta perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang mungkin mempengaruhi tafsir dan implementasi ajaran agama. Tujuannya adalah agar pemahaman agama tidak bersifat tekstualis atau kaku, tetapi tetap relevan dengan zaman dan metode yang valid.
  3. **Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi**: Pembelajaran Fiqih harus mendorong siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Ini termasuk kemampuan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan mengaitkan ajaran agama dengan situasi dunia nyata. Siswa harus mampu merenungkan implikasi dari ajaran agama dalam konteks modern.
  4. **Pembentukan Sikap dan Perilaku Beragama**: Pembelajaran Fiqih tidak hanya tentang pengetahuan, tetapi juga tentang pembentukan sikap dan perilaku beragama. Ini mencakup pembiasaan, pembudayaan, dan keteladanan. Siswa harus diajak untuk memahami nilai-nilai agama Islam dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam interaksi sosial dan keseharian mereka.
Karakteristik Utama Pembelajaran Fiqih:
  1. **Proses Pembelajaran yang Maksimal**: Pembelajaran Fiqih harus melibatkan aktivitas mental siswa secara maksimal. Siswa harus aktif berpikir dan merenung tentang konsep-konsep agama Islam yang mereka pelajari.
  2. **Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi**: Pembelajaran harus difokuskan pada pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Siswa harus belajar untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menghubungkan ajaran agama dengan konteks sekitar mereka.
  3. **Kontekstualisasi**: Materi ajar harus disesuaikan dengan konteks sosial dan perkembangan IPTEK. Ini akan membantu siswa memahami ajaran agama dalam konteks yang relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka.
  4. **Pentingnya Sikap dan Perilaku**: Pembelajaran Fiqih harus mengutamakan pembentukan sikap dan perilaku beragama. Siswa harus diajak untuk menginternalisasi nilai-nilai agama Islam dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari mereka.
Download Lengkap Capaian Pembelajaran Fikih Kelas 11 Fase F SMA/MA - Kurikulum Merdeka
📥DOWNLOAD
Type File : Rar
File Size : Unknown

Dengan pendekatan ini, pembelajaran Fiqih di fase F akan membantu siswa memahami agama Islam secara mendalam, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, dan menjadikan ajaran agama sebagai panduan dalam kehidupan mereka, sambil tetap relevan dengan zaman dan lingkungan sosial mereka.

إرسال تعليق

Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Anda di situs kami! Kami menghargai waktu yang Anda luangkan untuk mengeksplorasi konten dan layanan yang kami tawarkan. Di sini, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna kami. Pendapat dan pandangan Anda memiliki peran yang sangat penting dalam membantu kami meningkatkan kualitas layanan dan konten yang kami sediakan
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.