Notification texts go here Contact Us Get It Now!

CP Geografi Kelas 12 Fase F SMA/MA - Kurikulum Merdeka

Capaian Pembelajaran Geografi Kelas 12 Fase F SMA/MA - Kurikulum Merdeka
CP Geografi Kelas 12 Fase F SMA/MA - Kurikulum Merdeka

Capaian pembelajaran Geografi dalam Kurikulum Merdeka untuk kelas 12 Fase F memiliki beberapa aspek penting yang bertujuan untuk membantu peserta didik mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang geografi dan keterampilan yang diperlukan untuk menerapkannya dalam berbagai konteks. Berikut adalah uraian lebih lengkap dan jelas tentang masing-masing aspek tersebut:

1. **Karakteristik Wilayah**:
  • Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan pertanyaan tentang karakteristik wilayah dengan aktivitas tertentu akibat perubahan fisik dan sosial. Ini berarti mereka harus belajar untuk mengamati, menganalisis, dan menggambarkan perubahan dalam wilayah geografis, baik yang disebabkan oleh faktor fisik seperti geologi atau iklim, maupun faktor sosial seperti pertumbuhan populasi, urbanisasi, atau perkembangan ekonomi. Dalam proses ini, peserta didik akan belajar bagaimana perubahan ini memengaruhi kehidupan manusia dan ekosistem di wilayah tersebut.
2. **Posisi Strategis**:
  • Peserta didik diharapkan mampu memahami dan menjelaskan posisi strategis suatu wilayah. Ini melibatkan pemahaman tentang lokasi geografis dan kegunaan strategis suatu wilayah dalam konteks sosial, politik, dan ekonomi. Peserta didik perlu belajar bagaimana posisi geografis suatu wilayah dapat memengaruhi hubungan internasional, perdagangan, dan perkembangan infrastruktur.
3. **Keanekaragaman Hayati Indonesia dan Dunia**:
  • Peserta didik diharapkan mampu memahami dan menjelaskan pola keanekaragaman hayati di Indonesia dan dunia. Ini mencakup studi tentang beragam spesies tumbuhan dan hewan, ekosistem, serta peran konservasi hayati dalam menjaga keanekaragaman tersebut. Mereka perlu memahami dampak aktivitas manusia terhadap keanekaragaman hayati dan cara-cara untuk melestarikannya.
4. **Kebencanaan dan Lingkungan Hidup**:
  • Peserta didik diharapkan mampu memahami dan menjelaskan hubungan antara kebencanaan dan lingkungan hidup. Ini melibatkan pemahaman tentang berbagai jenis bencana alam, seperti gempa bumi, banjir, atau erupsi gunung berapi, dan bagaimana faktor lingkungan dapat mempengaruhi frekuensi dan intensitasnya. Peserta didik juga harus memahami upaya mitigasi dan adaptasi untuk mengurangi dampak bencana.
5. **Kewilayahan dan Pembangunan**:
  • Peserta didik diharapkan mampu memahami dan menjelaskan hubungan antara kewilayahan dan pembangunan. Ini mencakup studi tentang bagaimana karakteristik geografis wilayah memengaruhi pembangunan ekonomi, sosial, dan infrastruktur. Peserta didik akan belajar tentang pengelolaan sumber daya alam, perencanaan wilayah, dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.
6. **Kerja sama antar Wilayah**:
  • Peserta didik diharapkan mampu memahami dan menjelaskan kerja sama antar wilayah. Ini melibatkan pemahaman tentang hubungan dan kolaborasi antara berbagai wilayah dalam skala lokal, nasional, dan internasional. Mereka perlu belajar tentang perdagangan, diplomasi, dan pertukaran budaya yang terjadi antar wilayah.
7. **Analisis Aktivitas**:
  • Peserta didik diharapkan mampu menganalisis aktivitas tertentu akibat perubahan fisik dan sosial berdasarkan pengamatan terencana dengan memanfaatkan penggunaan peta. Ini melibatkan penggunaan data geografis, termasuk peta, untuk memahami dampak perubahan lingkungan dan sosial pada aktivitas manusia. Peserta didik perlu mengembangkan keterampilan analisis yang dapat membantu mereka memahami kompleksitas hubungan antara manusia dan lingkungan.
8. **Penelitian Sederhana**:
  • Peserta didik diharapkan mampu melakukan penelitian sederhana melalui pengamatan. Ini mencakup kemampuan merancang penelitian, mengumpulkan data, menganalisis hasil, dan menyusun temuan. Penelitian ini dapat berfokus pada isu geografis tertentu dan membantu peserta didik mengembangkan keterampilan penelitian yang relevan.
9. **Prediksi Perubahan Kondisi Alam dan Sosial**:
  • Peserta didik diharapkan mampu memprediksi perubahan kondisi alam dan sosial. Ini melibatkan kemampuan meramalkan perubahan yang mungkin terjadi di wilayah tertentu, baik yang disebabkan oleh perubahan iklim, perubahan demografis, atau faktor-faktor lainnya. Peserta didik akan belajar untuk menggunakan data dan model geografis untuk melakukan prediksi ini.
10. **Komunikasi Hasil Penelitian/Projek**:
  • Peserta didik diharapkan mampu memaparkan hasil penelitian/projek tentang wilayah berupa keunggulan posisi strategis, sumber daya alam, ataupun kebencanaan wilayah di Indonesia dengan memanfaatkan peta, tabel, data, dan teknologi SIG. Ini melibatkan kemampuan peserta didik untuk menyajikan temuan mereka secara efektif, termasuk menggunakan teknologi SIG (Sistem Informasi Geografis) untuk visualisasi data geografis.
11. **Prediksi Ide Solusi Perkembangan Wilayah, Posisi Strategis, Sumber Daya, dan Kebencanaan di Indonesia**:
  • Peserta didik diharapkan mampu memprediksi ide solusi perkembangan wilayah, posisi strategis, sumber daya, dan kebencanaan di Indonesia. Ini mencakup kemampuan untuk merancang rencana dan solusi yang berkelanjutan untuk perkembangan wilayah, pemanfaatan sumber daya, dan mitigasi risiko bencana.

Download Lengkap Capaian Pembelajaran Geografi Kelas 12 Fase F SMA/MA - Kurikulum Merdeka
Type File : Rar
File Size : 169 kb

Dengan demikian, capaian pembelajaran Geografi dalam Kurikulum Merdeka untuk kelas 12 Fase F dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang geografi serta mengembangkan keterampilan analisis, penelitian, dan pemecahan masalah yang relevan dalam konteks geografis. Peserta didik diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan ini dalam memahami, menjelaskan, dan mengatasi tantangan geografis yang kompleks.

إرسال تعليق

Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Anda di situs kami! Kami menghargai waktu yang Anda luangkan untuk mengeksplorasi konten dan layanan yang kami tawarkan. Di sini, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna kami. Pendapat dan pandangan Anda memiliki peran yang sangat penting dalam membantu kami meningkatkan kualitas layanan dan konten yang kami sediakan
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.