Capaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fase D untuk Kelas 7 Jenjang SMP/MTs dalam Kurikulum Merdeka mencakup sejumlah aspek penting yang perlu diuraikan lebih lengkap dan jelas. Berikut adalah penjelasan lebih mendalam mengenai masing-masing aspek:
Pemahaman Konsep:
- Peserta didik diharapkan dapat mendeskripsikan bagaimana hukum-hukum alam terjadi pada skala mikro hingga skala makro. Ini mencakup pemahaman konsep seperti hukum gravitasi, hukum gerak, dan konsep-konsep fisika lainnya.
- Mereka diharapkan mampu menjelaskan bagaimana berbagai fenomena alam seperti gempa bumi, gerhana, dan musim panas dan musim dingin terjadi berdasarkan pengetahuan mereka tentang prinsip-prinsip ilmiah yang mendasarinya.
- Peserta didik juga diharapkan mampu mengidentifikasi hubungan antara berbagai sistem dalam alam, seperti interaksi ekosistem dan siklus materi di alam.
1. Klasifikasi Makhluk Hidup dan Benda:
- Peserta didik diharapkan mampu mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang mereka amati. Ini mencakup pemahaman tentang taksonomi, klasifikasi hewan, tumbuhan, dan benda-benda non-hidup berdasarkan ciri-ciri fisik dan genetik mereka.
- Mereka juga diharapkan dapat menjelaskan pentingnya klasifikasi dalam memahami keragaman hayati dan hubungan evolusi antar makhluk hidup.
2. Identifikasi Sifat dan Karakteristik Zat:
- Peserta didik diharapkan mampu mengidentifikasi sifat-sifat fisik dan kimia zat. Ini termasuk sifat-sifat seperti kekerasan, titik leleh, titik didih, konduktivitas listrik, dan reaktivitas kimia.
- Mereka juga diharapkan mampu menghubungkan sifat-sifat ini dengan penggunaan zat-zat tersebut dalam kehidupan sehari-hari, seperti penggunaan logam dalam industri atau sifat-sifat air yang penting untuk kehidupan.
3. Pembedaan Perubahan Fisik dan Kimia:
- Peserta didik diharapkan mampu membedakan antara perubahan fisik dan kimia. Perubahan fisik adalah perubahan yang tidak mengubah komposisi kimia zat, sementara perubahan kimia melibatkan reaksi kimia yang mengubah komposisi zat.
- Mereka juga diharapkan mampu memberikan contoh konkret dari perubahan fisik dan kimia dalam kehidupan sehari-hari, seperti pembekuan air (perubahan fisik) dan pencoklatan apel (perubahan kimia).
4. Pemisahan Campuran Sederhana:
- Peserta didik diharapkan mampu menjelaskan berbagai metode pemisahan campuran, seperti penyaringan, penyulingan, dan pengendapan.
- Mereka juga diharapkan mampu menerapkan pengetahuan ini dalam pemisahan campuran sederhana dalam konteks praktis, misalnya memisahkan pasir dari garam.
5. Keterampilan Proses:
- Di akhir fase D, peserta didik diharapkan dapat melakukan proses inkuiri. Ini mencakup langkah-langkah seperti mengamati, mengidentifikasi masalah, merumuskan pertanyaan, melakukan investigasi eksperimental atau penelitian, mengumpulkan data, menyimpulkan hasil, mengkomunikasikan temuan, merefleksikan hasil, mengaplikasikan pengetahuan, dan melakukan tindak lanjut.
- Kemampuan untuk mengajukan pertanyaan ilmiah yang relevan dan merumuskan hipotesis juga merupakan aspek penting dari keterampilan proses dalam ilmu pengetahuan alam.
6. Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari:
- Peserta didik diharapkan dapat menerapkan pemahaman terhadap konsep-konsep ilmiah yang telah dipelajari dalam situasi kehidupan sehari-hari. Misalnya, mereka dapat menggunakan pengetahuan tentang perubahan wujud benda untuk menjelaskan mengapa air menguap atau mengembun dalam kondisi tertentu.
- Mereka juga diharapkan mampu membuat keputusan yang didasarkan pada pemahaman ilmiah, seperti memilih solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan lingkungan atau kesehatan.
Download Lengkap Capaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 7 Fase D SMP/MTs - Kurikulum Merdeka
Type File : Rar
File Size : 170 kb
Penting untuk dicatat bahwa penjelasan ini hanya merangkum sebagian dari capaian pembelajaran ilmu pengetahuan alam pada fase D untuk kelas 7, dan implementasinya dapat berbeda-beda di sekolah-sekolah yang berbeda.