Capaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada kelas 4 dalam Fase B Kurikulum Merdeka mencakup beberapa aspek penting yang bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam dan penerapan pengetahuan yang relevan dalam kehidupan sehari-hari. Ini adalah rangkuman yang lebih lengkap dan jelas dari aspek-aspek tersebut:
A. Pemahaman Konsep:
- Pada Fase B, peserta didik diharapkan dapat mengidentifikasi keterkaitan antara pengetahuan baru yang diperoleh dengan konsep-konsep IPAS. Mereka diarahkan untuk memahami bagaimana berbagai konsep IPAS saling berkaitan satu sama lain dan bagaimana konsep ini relevan dalam lingkungan sekitar serta kehidupan sehari-hari. Tujuan utama adalah untuk membangun pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip dasar dalam ilmu pengetahuan alam dan sosial.
B. Penerapan Pengetahuan:
- Peserta didik ditantang untuk mengaplikasikan pengetahuan yang telah mereka pelajari dalam situasi kehidupan nyata. Mereka diharapkan mampu menggunakan pengetahuan mereka untuk menyelesaikan berbagai tantangan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bertujuan agar mereka dapat menguasai materi pembelajaran dengan baik dan mengaitkannya dengan situasi dunia nyata.
C. Keterampilan Proses:
- Peserta didik diberi kesempatan untuk mengembangkan keterampilan proses ilmiah, seperti mengusulkan ide, melakukan investigasi, percobaan, dan penyelidikan, serta kemampuan untuk mengkomunikasikan temuan mereka, menyimpulkan hasil, merefleksikan proses pembelajaran, dan mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh. Ini mendorong mereka untuk menjadi pemikir kritis dan peneliti mandiri.
D. Pengembangan Sikap:
- Selain pengetahuan dan keterampilan, peserta didik juga diharapkan untuk mengembangkan sikap yang positif terhadap ilmu pengetahuan alam dan sosial. Mereka didorong untuk memiliki ketertarikan dan rasa ingin tahu yang tinggi, sehingga terdorong untuk menggali lebih dalam tentang fenomena di sekitar mereka. Selain itu, mereka juga diajarkan untuk memiliki tanggung jawab terhadap alam semesta, termasuk menjaga dan melestarikan lingkungan alam, serta mengelola sumber daya alam dengan bijak. Tujuan ini adalah untuk menciptakan warga negara yang peduli terhadap lingkungan dan mampu berperan aktif dalam menjaganya.
E. Fleksibilitas Kurikulum Merdeka:
- Kurikulum Merdeka dirancang sebagai kurikulum yang fleksibel, yang berarti bahwa pembelajaran disesuaikan dengan minat dan bakat siswa. Hal ini bertujuan untuk memfasilitasi perkembangan individu dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengejar minat mereka dalam IPAS.
Download Lengkap Capaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Fase B SD/MI - Kurikulum Merdeka
Type File : Rar
File Size : 171 kb
Capaian Pembelajaran ini didesain dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi yang relevan. Melalui pendekatan ini, Kurikulum Merdeka bertujuan untuk memberikan pendidikan yang komprehensif dan relevan bagi peserta didik, memungkinkan mereka untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi masing-masing.