Pembelajaran (CP) dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila adalah tujuan atau kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik selama fase pembelajaran. Fase pembelajaran dimulai sejak Fase A, yang biasanya diberikan kepada peserta didik kelas 1 SD/MI atau Program Paket A, dan berlangsung hingga Fase F1. Berikut adalah rincian lebih lengkap mengenai capaian pembelajaran dalam Fase A:
- **Peserta didik mampu menjelaskan identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, minat, dan perilakunya:** Peserta didik diharapkan mampu mengungkapkan informasi tentang diri mereka, keluarga, dan teman-teman mereka dengan mempertimbangkan faktor budaya, minat, dan perilaku yang relevan. Ini membantu peserta didik memahami dan menghargai keragaman di sekitar mereka.
- **Peserta didik mampu menghargai perbedaan karakteristik baik fisik maupun non fisik orang di lingkungan sekitar:** Peserta didik diharapkan untuk mengembangkan penghargaan terhadap perbedaan-perbedaan di antara individu, termasuk perbedaan fisik seperti warna kulit dan jenis rambut, serta perbedaan non fisik seperti status sosial (miskin, kaya, dll). Hal ini bertujuan untuk mempromosikan sikap inklusif dan toleransi.
- **Peserta didik mampu menghargai kebinekaan suku bangsa, sosial budaya, dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika:** Peserta didik diajarkan untuk menghargai dan memahami keberagaman suku bangsa dan budaya yang ada di Indonesia. Konsep Bhinneka Tunggal Ika menggambarkan persatuan dalam keragaman, dan peserta didik diharapkan untuk memahami dan mendukung prinsip ini.
- **Peserta didik mampu memahami lingkungan sekitar sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI:** Peserta didik diinstruksikan untuk memahami bahwa lingkungan sekitar mereka, termasuk RT/RW, desa/kelurahan, dan kecamatan, merupakan bagian penting dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini berkontribusi pada pemahaman peserta didik tentang struktur pemerintahan dan wilayah negara.
- **Peserta didik mampu menampilkan sikap kerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan:** Peserta didik diajarkan untuk berkolaborasi dan bekerja sama dengan orang-orang yang memiliki latar belakang suku bangsa, sosial, dan budaya yang beragam. Kerja sama ini harus selaras dengan prinsip persatuan dan kesatuan Indonesia.
- **Peserta didik mampu mengenal dan menceritakan simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila:** Peserta didik diharapkan untuk mengenali simbol-simbol dan nilai-nilai yang terkandung dalam lambang negara Indonesia, yaitu Garuda Pancasila. Ini mencakup pemahaman tentang Pancasila sebagai dasar negara.
- **Peserta didik mampu mengidentifikasi dan menjelaskan hubungan antara simbol dan sila dalam lambang negara Garuda Pancasila:** Peserta didik diinstruksikan untuk menghubungkan simbol-simbol dalam lambang Garuda Pancasila dengan nilai-nilai Pancasila yang mendasarinya. Hal ini membantu peserta didik memahami makna mendalam dari lambang negara.
- **Peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga dan sekolah:** Peserta didik diharapkan untuk menerapkan prinsip-prinsip Pancasila dalam interaksi mereka sehari-hari, baik di lingkungan keluarga maupun di sekolah. Ini bertujuan untuk membentuk karakter dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Download Lengkap Capaian Pembelajaran Pend. Pancasila Kelas 1 Fase A SD/MI - Kurikulum Merdeka
Type File : Rar
File Size : 170 kb
Capaian Pembelajaran (CP) ini digunakan sebagai panduan dalam pembelajaran intrakurikuler, yaitu pembelajaran yang terjadi di dalam kurikulum resmi di sekolah. Sementara itu, kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila tidak perlu merujuk pada CP, karena projek ini lebih berfokus pada pengembangan dimensi-dimensi profil pelajar Pancasila yang diatur dalam keputusan kepala Badan Standar Kurikulum dan Penilaian Pendidikan (BSKAP) tentang Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Dengan demikian, CP digunakan untuk membimbing pembelajaran dalam kurikulum sekolah, sementara dimensi profil pelajar Pancasila digunakan untuk pengembangan profil pelajar Pancasila di luar kurikulum reguler.