Capaian Pembelajaran (CP) dalam konteks pembelajaran Pendidikan Pancasila adalah kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik selama proses pendidikan mereka. Fokus CP ini dimulai sejak Fase A dan berakhir di Fase F1, dengan Fase B biasanya mencakup peserta didik di Kelas 3 SD/MI/Program Paket A1. Dalam Fase B, beberapa capaian pembelajaran yang ditargetkan meliputi:
- Pemahaman Sila-sila Pancasila: Peserta didik diharapkan mampu memahami dan menjelaskan makna dari masing-masing sila Pancasila. Mereka juga diharapkan dapat memberikan contoh konkret mengenai bagaimana sila-sila ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
- Penerapan Nilai-nilai Pancasila: Peserta didik diharapkan mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam lingkungan mereka, termasuk di dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat. Mereka diharapkan dapat mempraktikkan prinsip-prinsip Pancasila dalam interaksi sehari-hari mereka.
- Identifikasi Aturan dan Pelaksanaannya: Peserta didik diharapkan mampu mengidentifikasi aturan yang berlaku di lingkungan keluarga, sekolah, dan sekitar tempat tinggal mereka. Selain itu, mereka juga diharapkan dapat melaksanakan aturan tersebut dengan bimbingan dari orang tua dan guru.
- Identifikasi Hak dan Kewajiban: Peserta didik diharapkan mampu mengidentifikasi hak dan kewajiban mereka sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah. Mereka diharapkan dapat menjelaskan hak-hak dan kewajiban-kewajiban ini.
- Pelaksanaan Hak dan Kewajiban: Peserta didik diharapkan dapat melaksanakan hak dan kewajiban mereka sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah. Mereka seharusnya dapat memahami bahwa hak datang dengan tanggung jawab.
- Capaian Pembelajaran ini menjadi pedoman atau acuan bagi guru dan lembaga pendidikan dalam merancang dan mengelola pembelajaran Pendidikan Pancasila di dalam kurikulum mereka. CP ini membantu memastikan bahwa peserta didik mencapai pemahaman dan keterampilan yang relevan dalam konteks nilai-nilai Pancasila.
Download Lengkap Capaian Pembelajaran Pend. Pancasila Kelas 3 Fase B SD/MI - Kurikulum Merdeka
Type File : Rar
File Size : 170 kb
Sementara itu, projek penguatan profil pelajar Pancasila, meskipun tidak harus merujuk pada CP, merupakan upaya yang lebih menitikberatkan pada pengembangan dimensi-dimensi profil pelajar Pancasila yang mungkin diatur dalam dokumen seperti "Keputusan Kepala BSKAP tentang Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka." Projek ini bertujuan untuk mengembangkan aspek-aspek khusus dari profil pelajar Pancasila dan mungkin melibatkan kegiatan di luar kelas yang mendukung pertumbuhan peserta didik sebagai individu yang berkomitmen pada nilai-nilai Pancasila. CP digunakan untuk intrakurikuler, sementara dimensi profil pelajar Pancasila digunakan untuk memandu projek penguatan profil pelajar Pancasila.