Tentu, Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) dalam mata pelajaran Akidah Akhlak untuk kelas 1 SD/MI pada semester ganjil dalam Kerangka Kurikulum Merdeka memiliki beberapa prinsip dan komponen yang relevan untuk dipahami secara lebih rinci.
1. **Tujuan Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Pembentukan Peserta Didik):**
Mata pelajaran Akidah Akhlak pada tingkat kelas 1 bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik yang memiliki keimanan yang kuat, perilaku yang bermartabat, serta sikap yang terpuji. Ini termasuk aspek keimanan, akhlak mulia, keberagamaan, dan kebangsaan.
2. **Karakteristik Kurikulum Merdeka:**
Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada guru dan peserta didik dalam menentukan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, minat, dan bakat masing-masing. Pendekatan ini mendorong penggunaan metode, media, dan sumber belajar yang beragam sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
3. **Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Akidah Akhlak:**
- **Pembuatan Soal:** Guru bertanggung jawab dalam menyusun soal SAS. Soal ini harus memperhatikan indikator pencapaian kompetensi, kisi-kisi soal, dan kriteria penilaian yang telah ditetapkan pemerintah.
- **Format Soal:** Soal-soal SAS bisa berbentuk pilihan ganda, isian, uraian, atau bentuk lain yang disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran Akidah Akhlak. Hal ini memungkinkan guru untuk mengevaluasi pemahaman konsep, perilaku, dan sikap yang terkait dengan mata pelajaran tersebut.
- **Prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka dalam Soal:** Soal yang disusun harus mencerminkan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka, yaitu relevan, fleksibel, kreatif, bermakna, dan berpusat pada peserta didik. Contohnya, soal-soal harus dirancang agar relevan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik, mendorong kreativitas, dan mengukur pemahaman serta penerapan nilai-nilai akhlak yang diajarkan.
4. **Penerapan Prinsip Kurikulum Merdeka dalam Penilaian:**
- **Relevansi:** Soal-soal harus relevan dengan tujuan pembelajaran dan kehidupan sehari-hari peserta didik.
- *Fleksibilitas:** Proses penilaian harus memberikan ruang bagi keberagaman dalam kemampuan dan gaya belajar peserta didik.
- **Kreativitas:** Guru diharapkan untuk menggunakan cara-cara kreatif dalam mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap konsep-konsep Akidah Akhlak.
- **Bermakna:** Penilaian harus memberikan makna yang jelas terkait dengan perkembangan akhlak dan nilai keimanan peserta didik.
- **Fokus pada Peserta Didik:** Proses penilaian seharusnya berpusat pada kebutuhan, minat, dan perkembangan peserta didik.
Download Contoh Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Akidah Akhlak Kelas 1 Semester Ganjil SD/MI || Kurikulum Merdeka (+ Kisi-Kisi dan Kunci Jawabannya)
- 📂Kisi-Kisi Soal 📥 Segera..🙏
- 📂Naskah Soal 📥 Download
- 📂Kunci Jawaban Soal + Pembahasan 📥 Download
Dengan memperhatikan prinsip-prinsip ini, penilaian SAS dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas 1 SD/MI akan dapat memberikan gambaran yang komprehensif tentang pencapaian peserta didik sesuai dengan standar kompetensi yang telah ditetapkan dalam kurikulum.