Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Akidah Akhlak merupakan bagian dari evaluasi akhir semester untuk kelas 12 Semester Ganjil SMA/MA dengan Kurikulum Merdeka. Sasaran utama dari SAS ini adalah untuk mengukur pemahaman siswa terhadap konsep akidah (keyakinan) dan akhlak (perilaku) sebagai landasan ajaran Islam serta bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Soal SAS Akidah Akhlak mengevaluasi pemahaman siswa terhadap beberapa aspek penting, di antaranya:
- Konsep dan Ruang Lingkup Akidah dan Akhlak: Menguji pemahaman siswa terhadap konsep dasar, batasan, dan lingkup dari akidah (keyakinan) dan akhlak (perilaku) dalam ajaran Islam.
- Sumber-Sumber Akidah dan Akhlak: Memeriksa pengetahuan siswa tentang sumber-sumber ajaran akidah dan akhlak dalam Islam, seperti Al-Qur'an, Hadits, dan sebagainya.
- Prinsip-Prinsip Akidah dan Akhlak: Mengevaluasi pemahaman siswa terkait prinsip-prinsip fundamental dari akidah dan akhlak yang dianut dalam Islam.
- Implementasi Akidah dan Akhlak dalam Kehidupan Sehari-hari: Menilai sejauh mana siswa mampu menerapkan ajaran akidah dan akhlak dalam perilaku dan keputusan mereka sehari-hari.
- Tantangan dan Solusi Akidah dan Akhlak di Era Globalisasi: Menyelidiki pemahaman siswa terhadap tantangan yang dihadapi dalam menerapkan ajaran akidah dan akhlak di tengah dinamika globalisasi serta solusi yang mungkin diterapkan.
- Soal-soal dalam SAS Akidah Akhlak juga dirancang dalam berbagai format, seperti pilihan ganda, uraian, benar-salah, menjodohkan, dan sebagainya. Selain itu, penulisan soal juga memperhatikan aspek kognitif (pemahaman konsep), afektif (sikap, nilai, emosi), dan psikomotorik (keterampilan fisik) siswa.
Download Contoh Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Akidah Akhlak Kelas 12 Semester Ganjil SMA/MA || Kurikulum Merdeka + Kisi-Kisi dan Kunci Jawabannya
Dengan demikian, evaluasi menggunakan SAS Akidah Akhlak di kelas 12 Semester Ganjil SMA/MA dengan Kurikulum Merdeka bertujuan untuk mengukur pemahaman siswa terhadap konsep-konsep dasar ajaran Islam terkait keyakinan dan perilaku, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, memberikan umpan balik bagi siswa dan guru terkait proses pembelajaran.