Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) merupakan suatu jenis evaluasi yang dilakukan pada tahap akhir dari proses pembelajaran guna menilai pencapaian keseluruhan tujuan pembelajaran. Tujuan utama dari asesmen ini adalah untuk mengevaluasi pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari selama satu semester penuh.
Pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas 9 SMP/MTs, Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) akan mencakup seluruh materi yang telah diajarkan selama satu semester. Soal-soal yang disusun dalam asesmen ini akan mengevaluasi kemampuan siswa dalam memahami berbagai aspek, seperti kosakata, tata bahasa, dan keterampilan berbicara dalam Bahasa Arab.
Dalam konteks Kurikulum Merdeka, terdapat penekanan pada pentingnya asesmen formatif dan sumatif dalam proses pembelajaran. Asesmen formatif, yang dilakukan secara berkelanjutan selama proses pembelajaran, bertujuan untuk memantau perkembangan peserta didik dan memberikan umpan balik secara berkala agar dapat merespons kebutuhan belajar siswa secara lebih tepat dan cepat. Sementara itu, asesmen sumatif dilakukan pada akhir periode pembelajaran untuk memastikan pencapaian keseluruhan tujuan pembelajaran.
Dalam implementasinya, asesmen formatif memungkinkan guru untuk secara kontinu mengevaluasi pemahaman siswa, mengidentifikasi kebutuhan individu, serta memberikan bantuan atau perbaikan yang dibutuhkan sepanjang proses belajar-mengajar. Sementara asesmen sumatif bertujuan untuk menilai pencapaian akhir siswa dan efektivitas keseluruhan proses pembelajaran.
Download Contoh Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Bahasa Arab Kelas 9 Semester Ganjil SMP/MTs || Kurikulum Merdeka + Kisi-Kisi dan Kunci Jawabannya
- 📂Kisi-Kisi Soal 📥 Segera..🙏
- 📂Naskah Soal 📥 Download
- 📂Kunci Jawaban Soal + Pembahasan 📥 Download
Dengan demikian, kombinasi antara asesmen formatif dan sumatif memberikan gambaran komprehensif tentang progres siswa sepanjang periode pembelajaran. Masing-masing memiliki peran khusus dalam mendukung pemahaman serta peningkatan kualitas pembelajaran.