Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) dalam mata pelajaran Biologi untuk kelas 10 SMA/MA dalam Kurikulum Merdeka merupakan bagian dari penilaian yang dilakukan pada akhir semester, bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa dalam memahami konsep-konsep dasar biologi.
Materi yang diujikan dalam SAS Biologi kelas 10 mencakup beragam topik, termasuk sel, jaringan, organ, sistem organ, metabolisme, enzim, fotosintesis, respirasi, reproduksi, pewarisan sifat, mutasi, evolusi, ekologi, dan biodiversitas. Tujuan utama dari SAS ini adalah untuk mengukur kemampuan siswa dalam beberapa aspek:
- **Pemahaman Konsep Biologi**: Siswa diuji dalam pemahaman mereka terhadap konsep-konsep fundamental biologi yang telah diajarkan selama periode tersebut.
- **Penerapan Prinsip-Prinsip Biologi**: Penilaian terhadap kemampuan siswa dalam menerapkan prinsip-prinsip biologi untuk menyelesaikan masalah atau situasi tertentu.
- **Keterampilan Eksperimental**: Evaluasi terhadap kemampuan siswa dalam melakukan eksperimen biologi dengan menggunakan alat dan bahan yang sesuai.
- **Pengembangan Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Kritis**: Evaluasi terhadap kemampuan siswa dalam mengembangkan sikap ilmiah, seperti sikap inkuiri, ketelitian, dan keterampilan berpikir kritis dalam konteks biologi.
Berdasarkan tujuan ini, bentuk SAS Biologi kelas 10 Kurikulum Merdeka bisa bervariasi, misalnya tes tertulis, tes praktikum, tes lisan, atau portofolio. Guru memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan bentuk dan jumlah soal yang akan diberikan dalam SAS ini. Penyesuaian ini dilakukan dengan mempertimbangkan karakteristik siswa, materi pelajaran yang telah diajarkan, waktu yang tersedia, dan sumber daya yang tersedia.
Download Contoh Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Biologi Kelas 10 Semester Ganjil SMA/MA || Kurikulum Merdeka + Kisi-Kisi dan Kunci Jawabannya
SAS Biologi bukan hanya merupakan alat penilaian akhir, tetapi juga merupakan kesempatan bagi guru untuk mengevaluasi pemahaman siswa terhadap materi biologi yang telah diajarkan dan memberikan umpan balik yang berguna untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Selain itu, hasil dari SAS ini juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi keberhasilan kurikulum, memberikan umpan balik bagi metode pengajaran yang telah digunakan, dan menyesuaikan pendekatan pembelajaran ke depan.