Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) dalam mata pelajaran Informatika untuk kelas 10 SMA/MA dalam Kurikulum Merdeka adalah suatu bentuk penilaian yang dilakukan pada akhir semester, dengan tujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa dalam pemahaman konsep-konsep dasar informatika.
Materi yang diujikan dalam SAS Informatika kelas 10 mencakup berbagai topik, termasuk algoritma, pemrograman, struktur data, basis data, jaringan komputer, multimedia, internet, dan keamanan informasi. Tujuan utama dari SAS ini adalah untuk mengukur kemampuan siswa dalam beberapa aspek:
- **Pemahaman Konsep Informatika**: Siswa diuji untuk memastikan mereka memahami konsep-konsep fundamental dalam bidang informatika yang telah diajarkan selama periode tersebut.
- **Penerapan Prinsip-Prinsip Informatika**: Penilaian terhadap kemampuan siswa dalam menerapkan prinsip-prinsip informatika untuk menyelesaikan masalah atau situasi yang dihadapi.
- **Keterampilan Proyek Informatika**: Evaluasi terhadap kemampuan siswa dalam melakukan proyek informatika dengan menggunakan alat dan bahan yang sesuai dengan materi yang telah dipelajari.
- **Pengembangan Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Kritis**: Evaluasi terhadap kemampuan siswa dalam mengembangkan sikap ilmiah, seperti sikap inkuiri, ketelitian, dan keterampilan berpikir kritis dalam konteks informatika.
Berdasarkan tujuan ini, bentuk SAS Informatika kelas 10 Kurikulum Merdeka dapat beragam, seperti tes tertulis, tes praktikum, tes lisan, atau portofolio. Guru memiliki kewenangan untuk menyesuaikan bentuk dan jumlah soal yang akan diberikan dalam SAS ini. Penyesuaian ini dilakukan dengan mempertimbangkan karakteristik siswa, materi pelajaran yang telah diajarkan, waktu yang tersedia, dan sumber daya yang ada.
Download Contoh Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Informatika Kelas 10 Semester Ganjil SMA/MA || Kurikulum Merdeka + Kisi-Kisi dan Kunci Jawabannya
- 📂Kisi-Kisi Soal 📥 Segera..🙏
- 📂Naskah Soal 📥 Download
- 📂Kunci Jawaban Soal + Pembahasan 📥 Download
SAS Informatika bukan hanya merupakan alat penilaian akhir, tetapi juga merupakan kesempatan bagi guru untuk mengevaluasi pemahaman siswa terhadap materi informatika yang telah diajarkan. Selain itu, hasil dari SAS ini juga dapat digunakan untuk memberikan umpan balik bagi metode pengajaran yang telah digunakan, dan menyesuaikan pendekatan pembelajaran ke depan sesuai kebutuhan siswa.