Pengertian Soal SAS Informatika Kelas 4 SD/MI || Kurikulum Merdeka
Berikut merupakan deskripsi yang lebih lengkap dan jelas mengenai Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Informatika Kelas 4 Semester Ganjil SD/MI:
Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Informatika Kelas 4 Semester Ganjil SD/MI dirancang sebagai instrumen evaluasi untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik dalam mata pelajaran Informatika. Soal ini disusun dengan mematuhi prinsip Kurikulum Merdeka, yang memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik.
Soal SAS ini mencakup materi-materi esensial, relevan, dan mendalam yang telah dipelajari selama semester ganjil. Salah satunya adalah pengenalan komputer, yang mencakup pemahaman dasar tentang perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Selain itu, peserta didik diuji tentang pengetahuan mereka terkait internet dan media sosial, dengan fokus pada pemahaman etika dan penggunaan yang aman.
Soal ini juga mengevaluasi kemampuan peserta didik dalam menggunakan aplikasi komputer sehari-hari. Ini termasuk pengolah kata, di mana peserta didik diuji dalam kemampuan menyusun dan memformat teks. Selain itu, pengolah angka menjadi fokus dengan pertanyaan yang menguji keterampilan matematika menggunakan aplikasi tersebut. Untuk mengukur kreativitas dan keterampilan visual, terdapat pertanyaan yang berhubungan dengan penyaji grafis.
Download Contoh Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Informatika Kelas 4 Semester Ganjil SD/MI || Kurikulum Merdeka (+ Kisi-Kisi dan Kunci Jawabannya)
Format soal mencakup pilihan ganda untuk mengukur pemahaman konseptual, isian singkat untuk menguji pengetahuan mendalam, dan uraian untuk mengevaluasi kemampuan analitis dan sintesis peserta didik. Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang tingkat pemahaman dan penerapan pengetahuan Informatika yang dimiliki peserta didik.
Dengan menggunakan pendekatan ini, diharapkan bahwa Soal SAS Informatika Kelas 4 Semester Ganjil SD/MI tidak hanya memberikan informasi mengenai pencapaian peserta didik, tetapi juga memberikan panduan bagi pendidik untuk merancang pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan individual peserta didik.