Pengertian Soal SAS Informatika Kelas 5 SD/MI || Kurikulum Merdeka
Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Informatika untuk Kelas 5 Semester Ganjil SD/MI dirancang sebagai alat evaluasi untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik dalam mata pelajaran Informatika pada akhir semester ganjil. Pengembangan soal ini sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka, yang memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik.
Soal SAS mencakup materi esensial, relevan, dan mendalam yang telah dipelajari peserta didik selama semester ganjil. Materi tersebut melibatkan pemahaman dasar tentang komputer, perangkat keras dan lunak, internet, serta media sosial. Soal ini juga dirancang untuk menguji kemampuan peserta didik dalam menggunakan aplikasi komputer, termasuk pengolah kata, pengolah angka, dan penyaji grafis.
Format soal SAS Informatika Kelas 5 Semester Ganjil SD/MI mencakup pilihan ganda, isian singkat, dan uraian. Dengan variasi format tersebut, diharapkan dapat mengukur beragam aspek kemampuan peserta didik, mulai dari pemahaman dasar hingga kemampuan praktis dalam menggunakan aplikasi komputer.
Poin yang perlu diperhatikan dalam penyusuna Soal SAS Informatika Kelas 5 SD/MI || Kurikulum Merdeka
Berikut adalah beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam penyusunan soal SAS Informatika:
1. **Pengenalan Komputer:**
- Mencakup pertanyaan mengenai fungsi dasar komputer, bagian-bagian utama, dan tujuan penggunaan.
2. **Perangkat Keras dan Lunak:**
- Melibatkan pertanyaan mengenai perangkat keras seperti CPU, RAM, dan perangkat masukan/keluaran, serta perangkat lunak seperti sistem operasi.
3. **Internet:**
- Menyajikan pertanyaan terkait penggunaan internet, keamanan online, dan pengetahuan dasar tentang cara mengakses informasi melalui internet.
4. **Media Sosial:**
- Memeriksa pemahaman peserta didik tentang media sosial, etika penggunaan, dan pemahaman risiko yang terkait.
5. **Aplikasi Komputer:**
- Menyertakan pertanyaan tentang kemampuan peserta didik dalam menggunakan aplikasi pengolah kata, pengolah angka, dan penyaji grafis.
6. **Format Soal:**
- Soal dirancang dengan variasi format, termasuk pilihan ganda untuk mengukur pemahaman konsep, isian singkat untuk menguji pengetahuan detail, dan uraian untuk melihat kemampuan peserta didik dalam menjelaskan atau memecahkan masalah lebih kompleks.
Download Contoh Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Informatika Kelas 5 Semester Ganjil SD/MI || Kurikulum Merdeka (+ Kisi-Kisi dan Kunci Jawabannya)
Dengan penyusunan soal yang mencakup aspek-aspek tersebut, diharapkan SAS Informatika Kelas 5 Semester Ganjil SD/MI dapat memberikan gambaran komprehensif tentang pencapaian peserta didik dalam mata pelajaran Informatika selama semester ganjil.