Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) merupakan salah satu tahap penting dalam proses evaluasi pendidikan di Kurikulum Merdeka khususnya pada mata pelajaran Sosiologi untuk siswa kelas 10 SMA/MA pada semester ganjil. Tujuan utama dari SAS ini adalah untuk mengevaluasi tingkat penguasaan siswa terhadap materi, keterampilan, dan sikap yang berkaitan dengan mata pelajaran Sosiologi. Selain itu, SAS memberikan umpan balik yang penting bagi guru dalam merancang perbaikan pembelajaran, serta dapat digunakan sebagai landasan dalam menentukan kenaikan kelas atau kelulusan siswa.
Pelaksanaan SAS Sosiologi mengikuti jadwal yang telah ditetapkan oleh sekolah, berdasarkan kalender akademik yang berlaku. Soal-soal dalam SAS Sosiologi disusun oleh guru Sosiologi dengan memperhatikan standar dan indikator kompetensi yang telah ditetapkan. Soal-soal ini dapat berbentuk pilihan ganda, soal uraian, atau format lain yang sesuai dengan materi dan karakteristik mata pelajaran Sosiologi. Pertanyaan dalam SAS juga mencerminkan materi yang telah diajarkan kepada siswa selama semester ganjil, termasuk hasil dari proyek kelompok atau tugas individu.
Proses penilaian dalam SAS Sosiologi dilakukan secara transparan, objektif, dan akuntabel. Guru Sosiologi bertanggung jawab untuk menyusun kisi-kisi soal, kunci jawaban, serta rubrik penilaian sebelum melaksanakan SAS. Selain itu, guru juga menganalisis hasil SAS untuk mengetahui sejauh mana kekuatan dan kelemahan siswa dalam memahami materi Sosiologi. Analisis ini sangat berguna sebagai evaluasi untuk meningkatkan proses pembelajaran pada semester berikutnya.
Download Contoh Soal Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) Sosiologi Kelas 10 Semester Ganjil SMA/MA || Kurikulum Merdeka + Kisi-Kisi dan Kunci Jawabannya
Untuk memperjelas gambaran, terdapat contoh dokumen laporan kegiatan SAS Sosiologi, contoh soal SAS Sosiologi, dan contoh modul ajar Sosiologi Kurikulum Merdeka yang bisa diakses. Dokumen-dokumen tersebut memberikan gambaran nyata terkait format dan konten dari kegiatan SAS Sosiologi, sehingga dapat menjadi panduan yang berguna bagi guru maupun siswa dalam mempersiapkan dan menjalani asesmen tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat dalam memahami proses SAS Sosiologi dalam Kurikulum Merdeka.