Soal Pilihan Ganda USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Asessment Otentik
Indikator Soal:
Menentukan jenis penilaian outentik yang sesuai dengan aktivitas pembelajaran tertentu.
Soal 1:
Pada pembelajaran IPA kelas VII dengan topik "Fotosintesis", siswa diminta untuk melakukan percobaan mengamati pengaruh intensitas cahaya terhadap laju fotosintesis. Jenis penilaian outentik yang tepat untuk mengukur hasil belajar siswa dari aktivitas pembelajaran tersebut adalah...
(A) Tes tertulis pilihan ganda
(B) Observasi oleh guru
(C) Laporan praktikum
(D) Presentasi hasil percobaan
Kunci Jawaban: (C)
Pembahasan:
Jenis penilaian outentik yang tepat untuk mengukur hasil belajar siswa dari aktivitas pembelajaran percobaan adalah laporan praktikum. Hal ini karena laporan praktikum memungkinkan siswa untuk:
- Menjelaskan tujuan percobaan
- Menguraikan metodologi yang digunakan
- Mempresentasikan hasil percobaan
- Menarik kesimpulan dari hasil percobaan
Laporan praktikum memberikan bukti konkret tentang pemahaman siswa terhadap konsep fotosintesis dan kemampuan mereka dalam melakukan percobaan ilmiah.
Soal 2:
Pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X dengan topik "Menulis Cerpen", siswa diminta untuk membuat cerpen dengan tema "Persahabatan". Jenis penilaian outentik yang tepat untuk mengukur hasil belajar siswa dari aktivitas pembelajaran tersebut adalah...
(A) Tes tertulis uraian
(B) Penilaian portofolio
(C) Ujian lisan
(D) Debat
Kunci Jawaban: (B)
Pembahasan:
Jenis penilaian outentik yang tepat untuk mengukur hasil belajar siswa dari aktivitas pembelajaran menulis cerpen adalah penilaian portofolio. Hal ini karena penilaian portofolio memungkinkan guru untuk:
- Mengumpulkan berbagai karya tulis siswa
- Melacak perkembangan kemampuan menulis siswa
- Memberikan umpan balik yang konstruktif
- Menilai kreativitas dan orisinalitas siswa
Penilaian portofolio memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang kemampuan siswa dalam menulis cerpen dibandingkan dengan tes tertulis atau ujian lisan.
Soal 3:
Pada pembelajaran Matematika kelas VIII dengan topik "Sistem Persamaan Linear Dua Variabel", siswa diminta untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang melibatkan sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penilaian outentik yang tepat untuk mengukur hasil belajar siswa dari aktivitas pembelajaran tersebut adalah...
(A) Tes tertulis uraian
(B) Kuis interaktif
(C) Proyek kelompok
(D) Pemetaan konsep
Kunci Jawaban: (C)
Pembahasan:
Jenis penilaian outentik yang tepat untuk mengukur hasil belajar siswa dari aktivitas pembelajaran menyelesaikan masalah kontekstual adalah proyek kelompok. Hal ini karena proyek kelompok memungkinkan siswa untuk:
- Menerapkan konsep matematika dalam situasi nyata
- Bekerjasama dengan teman sekelas
- Berkomunikasi secara efektif
- Menyajikan solusi secara kreatif
Proyek kelompok memberikan kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan pemahaman mereka terhadap konsep sistem persamaan linear dua variabel dan kemampuan mereka dalam menyelesaikan masalah kontekstual.
Catatan:
Soal-soal di atas hanyalah contoh. Guru dapat mengembangkan soal-soal lain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan aktivitas pembelajaran yang dirancang.
Sumber:
- Kementerian Agama Republik Indonesia: https://www.kemenag.go.id/
- Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Agama dan Keagamaan