Notification texts go here Contact Us Get It Now!

Contoh Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Topik Sikap Patriotisme + Pembahasannya

Contoh Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Topik Sikap Patriotisme + Pembahasannya

Contoh Soal Pilihan Ganda USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Topik Sikap Patriotisme

Indikator Soal:

  • Menjunjung tinggi keunggulan bangsa Indonesia dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
  • Mengembangkan sikap rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Soal:

1. Dalam proses pembelajaran, seorang guru menunjukkan kepada peserta didik berbagai contoh keteladanan pahlawan nasional dalam bidang pendidikan. Hal ini merupakan upaya guru untuk menumbuhkan sikap....
(A) Nasionalisme (B) Patriotisme (C) Heroisme (D) Chauvinisme

2. Seorang guru selalu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam proses pembelajaran. Hal ini merupakan wujud sikap....
(A) Nasionalisme (B) Patriotisme (C) Chauvinisme (D) Fanatisme

3. Seorang guru menyisihkan sebagian gajinya untuk membantu siswa kurang mampu di sekolahnya. Hal ini merupakan wujud sikap....
(A) Nasionalisme (B) Patriotisme (C) Altruisme (D) Egoisme

4. Seorang guru selalu bersedia membantu koleganya yang mengalami kesulitan dalam mengajar. Hal ini merupakan wujud sikap....
(A) Nasionalisme (B) Patriotisme (C) Solidaritas (D) Individualisme

5. Seorang guru selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya. Hal ini merupakan wujud sikap....
(A) Nasionalisme (B) Patriotisme (C) Dedikasi (D) Apatisme

Kunci Jawaban:

(B) Patriotisme
(A) Nasionalisme
(C) Altruisme
(C) Solidaritas
(C) Dedikasi

Pembahasan:

  • Patriotisme adalah sikap cinta tanah air dan bangsa yang diwujudkan dengan tindakan nyata untuk membela dan memajukan negara. Menunjukkan contoh keteladanan pahlawan nasional dalam bidang pendidikan merupakan salah satu bentuk tindakan nyata untuk menumbuhkan sikap patriotisme pada peserta didik.
  • Nasionalisme adalah paham yang mencintai bangsa dan negaranya sendiri. Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam proses pembelajaran merupakan salah satu bentuk wujud sikap nasionalisme.
  • Altruisme adalah sikap rela berkorban untuk kepentingan orang lain tanpa mengharapkan imbalan. Menyisihkan sebagian gajinya untuk membantu siswa kurang mampu merupakan wujud sikap altruisme yang ditunjukkan oleh seorang guru.
  • Solidaritas adalah sikap saling membantu dan mendukung antar sesama. Membantu kolega yang mengalami kesulitan dalam mengajar merupakan wujud sikap solidaritas yang ditunjukkan oleh seorang guru.
  • Dedikasi adalah pengabdian diri untuk suatu hal yang mulia. Mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran merupakan wujud dedikasi yang ditunjukkan oleh seorang guru.

Catatan:

  • Soal-soal di atas hanyalah contoh, dan masih banyak contoh soal lain yang dapat dibuat dengan indikator soal yang sama.
  • Semoga contoh soal-soal di atas dapat membantu Anda dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti USKA PPG Daljab Kemenag 2024.

Posting Komentar

Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Anda di situs kami! Kami menghargai waktu yang Anda luangkan untuk mengeksplorasi konten dan layanan yang kami tawarkan. Di sini, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna kami. Pendapat dan pandangan Anda memiliki peran yang sangat penting dalam membantu kami meningkatkan kualitas layanan dan konten yang kami sediakan
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.