Notification texts go here Contact Us Get It Now!

Karakteristik Kurikulum 2013

Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Topik: Karakteristik Kurikulum 2013

Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Topik: Karakteristik Kurikulum 2013

Indikator Soal:

Disajikan deskripsi tentang langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik kurikulum 2013.

Soal:

Berikut ini adalah deskripsi langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik:
  • Mengamati
  • Menanya
  • Mengumpulkan informasi
  • Mengasosiasikan
  • Mengkomunikasikan
Berdasarkan deskripsi tersebut, jelaskan karakteristik kurikulum 2013 yang berkaitan dengan langkah-langkah pembelajaran di atas!
(A) Berpusat pada guru 
(B) Berpusat pada siswa 
(C) Berbasis proyek 
(D) Kontekstual 
(E) Tematik

Kunci Jawaban:

(B) Berpusat pada siswa

Pembahasan:

Langkah-langkah pembelajaran yang dideskripsikan dalam soal merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, yang merupakan salah satu karakteristik utama kurikulum 2013. Pendekatan saintifik ini menekankan pada keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, di mana siswa didorong untuk:
  • Mengamati fenomena atau peristiwa
  • Mengajukan pertanyaan tentang fenomena atau peristiwa yang diamati
  • Mengumpulkan informasi untuk menjawab pertanyaan
  • Mengolah dan menganalisis informasi yang dikumpulkan
  • Menyimpulkan hasil analisis dan mengkomunikasikannya kepada orang lain
Karakteristik kurikulum 2013 yang berkaitan dengan langkah-langkah pembelajaran di atas adalah berpusat pada siswa. Hal ini berbeda dengan kurikulum sebelumnya yang lebih berpusat pada guru. Dalam kurikulum 2013, guru berperan sebagai fasilitator yang membantu siswa belajar dan beraktivitas secara aktif.

Pilihan jawaban lain tidak tepat karena:
  1. Berpusat pada guru: Kurikulum 2013 menekankan pada keaktifan siswa, bukan guru.
  2. Berbasis proyek: Kurikulum 2013 memang memungkinkan pembelajaran berbasis proyek, tetapi bukan merupakan karakteristik utama.
  3. Kontekstual: Kurikulum 2013 menekankan pada pembelajaran yang kontekstual, tetapi bukan merupakan karakteristik utama yang berkaitan dengan langkah-langkah pembelajaran saintifik.
  4. Tematik: Kurikulum 2013 di SD menggunakan pendekatan tematik, tetapi tidak di semua jenjang pendidikan.

Kesimpulan:

Karakteristik kurikulum 2013 yang berkaitan dengan langkah-langkah pembelajaran saintifik adalah berpusat pada siswa.

Catatan:

Soal ini hanya contoh, dan kemungkinan masih ada karakteristik kurikulum 2013 lainnya yang berkaitan dengan langkah-langkah pembelajaran saintifik.

Posting Komentar

Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Anda di situs kami! Kami menghargai waktu yang Anda luangkan untuk mengeksplorasi konten dan layanan yang kami tawarkan. Di sini, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna kami. Pendapat dan pandangan Anda memiliki peran yang sangat penting dalam membantu kami meningkatkan kualitas layanan dan konten yang kami sediakan
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.