Notification texts go here Contact Us Get It Now!

Menata kelas pembelajaran aktif dan dinamis

Contoh Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Menata Kelas Pembelajaran Aktif dan Dinamis

Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Menata Kelas Pembelajaran Aktif dan Dinamis

Topik: 

Menata Kelas Pembelajaran Aktif dan Dinamis

Indikator Soal:

Mahasiswa dapat menentukan formasi ruang kelas yang aktif dan dinamis dalam pembelajaran Al-Qur'an Hadis.

Soal:

Deskripsi:
Sebuah ruang kelas memiliki 30 siswa dengan meja dan kursi yang dapat ditata dengan berbagai formasi. Guru ingin menciptakan suasana pembelajaran Al-Qur'an Hadis yang aktif dan dinamis.

Formasi ruang kelas manakah yang paling tepat untuk menciptakan suasana pembelajaran Al-Qur'an Hadis yang aktif dan dinamis?
(A) Baris-baris 
(B) Lingkaran 
(C) U 
(D) Huruf L

Kunci Jawaban:

(B) Lingkaran

Pembahasan:

Formasi ruang kelas yang paling tepat untuk menciptakan suasana pembelajaran Al-Qur'an Hadis yang aktif dan dinamis adalah lingkaran. Berikut beberapa alasannya:Mempermudah interaksi: 
  • Formasi lingkaran memungkinkan semua siswa untuk saling berhadapan dan melihat satu sama lain. Hal ini memudahkan interaksi dan komunikasi antara guru dan siswa, serta antar siswa.
  • Meningkatkan partisipasi: Formasi lingkaran memungkinkan semua siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Guru dapat dengan mudah menjangkau semua siswa dan memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk berpartisipasi dalam diskusi, tanya jawab, dan aktivitas lainnya.
  • Membangun kerjasama: Formasi lingkaran membantu membangun rasa kebersamaan dan kerjasama antar siswa. Siswa dapat saling membantu dan belajar dari satu sama lain.
  • Meningkatkan fokus: Formasi lingkaran membantu siswa untuk fokus pada pembelajaran karena tidak ada siswa yang terbelakang atau terhalang oleh siswa lain.
Formasi lain seperti baris-baris, U, dan huruf L kurang ideal untuk menciptakan suasana pembelajaran Al-Qur'an Hadis yang aktif dan dinamis karena:Baris-baris: 
  • Formasi ini membuat siswa fokus pada guru dan tidak mudah untuk berinteraksi satu sama lain.
  • U: Formasi ini membuat beberapa siswa terbelakang dan sulit untuk melihat guru atau siswa lain.
  • Huruf L: Formasi ini membagi siswa menjadi dua kelompok dan dapat membuat siswa merasa terisolasi.

Kesimpulan:

Formasi ruang kelas yang paling tepat untuk menciptakan suasana pembelajaran Al-Qur'an Hadis yang aktif dan dinamis adalah lingkaran.

Catatan:

  • Guru dapat memilih formasi lain yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran.
  • Guru dapat mengubah formasi ruang kelas selama pembelajaran untuk menciptakan variasi dan menjaga fokus siswa.

Soal-soal lain yang dapat dibuat dengan indikator yang sama:

  • Jelaskan keuntungan dan kekurangan dari berbagai formasi ruang kelas.
  • Berikan contoh aktivitas pembelajaran Al-Qur'an Hadis yang sesuai dengan formasi ruang kelas tertentu.
  • Buatlah desain tata ruang kelas yang ideal untuk pembelajaran Al-Qur'an Hadis.

Posting Komentar

Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Anda di situs kami! Kami menghargai waktu yang Anda luangkan untuk mengeksplorasi konten dan layanan yang kami tawarkan. Di sini, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna kami. Pendapat dan pandangan Anda memiliki peran yang sangat penting dalam membantu kami meningkatkan kualitas layanan dan konten yang kami sediakan
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.