Contoh Soal Pilihan Ganda USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Pemanfaatan Assessmen Pembelajaran
Indikator Soal:
- Menentukan suatu tindakan untuk menangani kesalahan siswa dalam menjawab soal
- Memanfaatkan tes untuk menentukan perbaikan pembelajaran
Soal 1:
Analisislah jawaban siswa berikut untuk soal "Sebutkan 3 jenis tumbuhan yang berkembang biak dengan generatif!".
Jawaban siswa:
- Bunga matahari
- Mangga
- Jamur
Berdasarkan jawaban tersebut, tindakan yang tepat untuk menangani kesalahan siswa adalah...
(A) Memberikan penjelasan tentang perbedaan generatif dan vegetatif.
(B) Memberikan soal latihan tentang jenis-jenis tumbuhan.
(C) Memberikan penjelasan tentang ciri-ciri tumbuhan generatif.
(D) Memberikan soal latihan tentang tumbuhan generatif dan vegetatif.
Kunci Jawaban:
(C) Memberikan penjelasan tentang ciri-ciri tumbuhan generatif.
Pembahasan:
Jawaban siswa menunjukkan bahwa siswa belum memahami ciri-ciri tumbuhan generatif. Jawaban 1 dan 2 benar, tetapi jawaban 3 (jamur) tidak berkembang biak dengan generatif.
Oleh karena itu, tindakan yang tepat adalah memberikan penjelasan tentang ciri-ciri tumbuhan generatif agar siswa dapat memahami konsepnya dengan lebih baik.
Soal 2:
Seorang guru melakukan tes formatif untuk mengetahui pemahaman siswa tentang materi "Sistem Tata Surya". Hasil tes menunjukkan bahwa 60% siswa mendapatkan nilai di bawah KKM.
Berdasarkan hasil tes tersebut, guru dapat memanfaatkannya untuk menentukan perbaikan pembelajaran dengan cara...
(A) Memberikan remedial kepada siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM.
(B) Mengubah metode pembelajaran yang digunakan.
(C) Memberikan materi pembelajaran yang lebih mudah.
(D) Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan soal tes lagi.
Kunci Jawaban:
(B) Mengubah metode pembelajaran yang digunakan.
Pembahasan:
Hasil tes menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan kurang efektif untuk membantu siswa memahami materi.
Oleh karena itu, guru perlu mengubah metode pembelajarannya agar lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa.
Catatan:
- Soal-soal di atas hanya contoh, dan masih banyak indikator soal lain yang bisa dibuat terkait dengan "Pemanfaatan Assessmen Pembelajaran".
- Guru dapat mengembangkan soal-soal lain yang lebih kontekstual dan sesuai dengan situasi dan kondisi pembelajaran di kelasnya.