Contoh Soal Pilihan Ganda USKA PPG Daljab Kemenag 2024
Topik:
Pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan kurikulum merdeka
Indikator:
Disajikan informasi tentang hasil asesmen awal yang mencakup kemampuan peserta didik MI di kelas, mahasiswa dapat merancang pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik
Soal:
Sebuah kelas MI kelas 4 terdiri dari 30 siswa. Hasil asesmen awal menunjukkan bahwa:
- 15 siswa sudah mampu memahami konsep perkalian dengan lancar.
- 10 siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep perkalian.
- 5 siswa masih belum memahami konsep perkalian sama sekali.
Berdasarkan informasi tersebut, rancangan pembelajaran yang tepat untuk kelas tersebut adalah:
- (A) Melakukan pembelajaran dengan satu level kesulitan untuk semua siswa.
- (B) Membagi siswa menjadi 3 kelompok berdasarkan hasil asesmen dan memberikan pembelajaran yang berbeda untuk setiap kelompok.
- (C) Memberikan pembelajaran remedial kepada 5 siswa yang belum memahami konsep perkalian sama sekali.
- (D) Memberikan pembelajaran tambahan kepada 15 siswa yang sudah mampu memahami konsep perkalian dengan lancar.
- (E) Memberikan pembelajaran yang sama untuk semua siswa, tetapi dengan memberikan perhatian lebih kepada 10 siswa yang masih mengalami kesulitan.
Kunci Jawaban:
(B) Membagi siswa menjadi 3 kelompok berdasarkan hasil asesmen dan memberikan pembelajaran yang berbeda untuk setiap kelompok.
Pembahasan:
Kurikulum merdeka menekankan pada pembelajaran yang berpusat pada murid dan sesuai dengan tingkat kemampuannya. Oleh karena itu, rancangan pembelajaran yang tepat untuk kelas tersebut adalah dengan membagi siswa menjadi 3 kelompok berdasarkan hasil asesmen dan memberikan pembelajaran yang berbeda untuk setiap kelompok.
- Kelompok 1: Terdiri dari 15 siswa yang sudah mampu memahami konsep perkalian dengan lancar. Pembelajaran untuk kelompok ini dapat difokuskan pada pengayaan materi perkalian, seperti mempelajari cara perkalian cepat, menyelesaikan masalah yang lebih kompleks, atau mempelajari konsep perkalian dalam konteks kehidupan sehari-hari.
- Kelompok 2: Terdiri dari 10 siswa yang masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep perkalian. Pembelajaran untuk kelompok ini dapat difokuskan pada pemberian remediasi, seperti mempelajari kembali konsep perkalian dasar, memberikan latihan soal yang lebih mudah, dan menggunakan metode pembelajaran yang lebih menarik.
- Kelompok 3: Terdiri dari 5 siswa yang masih belum memahami konsep perkalian sama sekali. Pembelajaran untuk kelompok ini dapat difokuskan pada pemberian pembelajaran dasar tentang konsep perkalian, seperti menjelaskan konsep perkalian dengan menggunakan benda konkret, memberikan contoh-contoh soal yang mudah, dan menggunakan metode pembelajaran yang lebih interaktif.
Dengan membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil dan memberikan pembelajaran yang berbeda, guru dapat memastikan bahwa semua siswa mendapatkan pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuannya dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Catatan:
- Rancangan pembelajaran ini hanya contoh dan dapat dimodifikasi sesuai dengan kondisi dan kebutuhan di lapangan.
- Guru dapat menggunakan berbagai metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk menarik minat dan meningkatkan motivasi belajar siswa.
Sumber:
- Kurikulum Merdeka: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/
- Asesmen Awal
Referensi
- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek.
- Pusat Penilaian Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Asesmen Awal. Jakarta: Puspendik.
Disclaimer
Soal dan pembahasan di atas hanya contoh dan bukan merupakan soal resmi USKA PPG Daljab Kemenag 2024. Diharapkan peserta PPG Daljab Kemenag 2024 mempelajari berbagai sumber belajar dan mengikuti perkembangan informasi terbaru terkait pelaksanaan PPG Daljab Kemenag 2024.