Contoh Soal Pilihan Ganda USKA PPG Daljab Kemenag 2024
Topik:
- Penelitian Pendidikan Matematika
Indikator:
- Memanfaatkan hasil penelitian pembelajaran matematika
- Membedakan penelitian PTK dan bukan PTK
Soal 1:
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi statistika. Seorang guru matematika ingin menerapkan hasil penelitian tersebut di kelasnya. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan guru:
- Menyusun rencana pembelajaran yang berorientasi pada model pembelajaran kooperatif.
- Melatih siswa untuk bekerja sama dalam kelompok.
- Menyediakan sumber belajar yang sesuai dengan model pembelajaran kooperatif.
- Melakukan penilaian terhadap hasil belajar siswa secara berkala.
Langkah-langkah yang paling tepat dilakukan guru untuk menerapkan hasil penelitian tersebut adalah:
(A) 1 dan 2
(B) 1 dan 3
(C) 2 dan 3
(D) 3 dan 4
(E) 1, 2, 3, dan 4
Kunci Jawaban: (E)
Pembahasan:
Untuk menerapkan hasil penelitian pembelajaran matematika dengan tepat, guru perlu melakukan beberapa langkah berikut:
- Menyusun rencana pembelajaran yang berorientasi pada model pembelajaran kooperatif. Hal ini penting untuk memastikan bahwa pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan hasil penelitian.
- Melatih siswa untuk bekerja sama dalam kelompok. Kemampuan bekerja sama merupakan kunci utama dalam model pembelajaran kooperatif.
- Menyediakan sumber belajar yang sesuai dengan model pembelajaran kooperatif. Sumber belajar yang tepat akan membantu siswa dalam memahami materi dan menyelesaikan tugas dalam kelompok.
- Melakukan penilaian terhadap hasil belajar siswa secara berkala. Penilaian yang dilakukan secara berkala dapat membantu guru dalam memantau kemajuan belajar siswa dan memastikan bahwa pembelajaran yang dilakukan efektif.
Soal 2:
Berikut beberapa ciri-ciri penelitian:
- Dilakukan di kelas dengan siswa sebagai subjek penelitian.
- Bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
- Dilakukan secara berkelanjutan dan siklus.
- Dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelasnya.
Penelitian yang memiliki ciri-ciri tersebut adalah:
(A) Penelitian eksperimen
(B) Penelitian kualitatif
(C) Penelitian kuantitatif
(D) Penelitian tindakan kelas (PTK)
(E) Penelitian deskriptif
Kunci Jawaban: (D)
Pembahasan:
Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelasnya. PTK memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
- Dilakukan di kelas dengan siswa sebagai subjek penelitian.
- Bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
- Dilakukan secara berkelanjutan dan siklus.
- Dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelasnya.
Pilihan lain tidak memiliki semua ciri-ciri PTK. Penelitian eksperimen dan kualitatif biasanya dilakukan oleh peneliti, bukan guru. Penelitian kuantitatif dan deskriptif tidak selalu bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Soal-soal lain:
- Sebutkan beberapa manfaat memanfaatkan hasil penelitian pembelajaran matematika dalam pembelajaran di kelas!
- Jelaskan perbedaan antara penelitian tindakan kelas (PTK) dan penelitian deskriptif!
- Bagaimana cara memilih topik penelitian yang tepat untuk PTK?
Sumber:
- Buku Panduan USKA PPG Daljab Kemenag 2024: URL Buku Panduan USKA PPG Daljab Kemenag 2024
- Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika: URL Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Catatan:
- Soal-soal di atas hanyalah contoh, dan masih banyak soal lain yang dapat dibuat berdasarkan indikator yang sama.
- Jawaban dan pembahasan di atas dapat diubah dan diperkaya sesuai dengan sumber dan referensi yang digunakan.
Semoga bermanfaat!