Notification texts go here Contact Us Get It Now!

Penerapan Pendekatan Pembelajaran Konstruktivis

Contoh Soal Pilihan Ganda USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Penerapan Pendekatan Pembelajaran Konstruktivis

Contoh Soal Pilihan Ganda USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Penerapan Pendekatan Pembelajaran Konstruktivis

1. Menentukan Aktivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual

Soal 1:

Bu Rina ingin menerapkan pendekatan pembelajaran kontekstual dalam mengajar matematika kelas VII SMP dengan materi "Persamaan Linear Satu Variabel". Aktivitas pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut adalah...
(A) Memberikan siswa soal-soal latihan dari buku teks untuk diselesaikan secara mandiri. 
(B) Menjelaskan definisi dan rumus persamaan linear satu variabel kepada siswa. 
(C) Meminta siswa untuk membuat cerita matematika yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel. 
(D) Meminta siswa untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang melibatkan persamaan linear satu variabel dalam kehidupan sehari-hari.

Kunci Jawaban:

(D)

Pembahasan:

Pilihan (D) merupakan aktivitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan kontekstual karena menghubungkan materi persamaan linear satu variabel dengan kehidupan sehari-hari. Aktivitas ini memungkinkan siswa untuk belajar matematika dengan cara yang lebih bermakna dan relevan dengan kehidupan mereka.

2. Menentukan Aktivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan

Soal 2:

Pak Budi ingin menerapkan pembelajaran berbasis penemuan dalam mengajar matematika kelas X SMA dengan materi "Trigonometri". Aktivitas pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut adalah...
(A) Memberikan siswa tabel nilai sinus, cosinus, dan tangen untuk dihafal. 
(B) Menjelaskan konsep trigonometri dan rumus-rumusnya kepada siswa. 
(C) Memberikan siswa soal-soal latihan tentang trigonometri untuk diselesaikan secara mandiri. 
(D) Meminta siswa untuk merancang dan melakukan eksperimen untuk menemukan konsep trigonometri.

Kunci Jawaban:

(D)

Pembahasan:

Pilihan (D) merupakan aktivitas pembelajaran yang menerapkan pembelajaran berbasis penemuan karena siswa didorong untuk menemukan konsep trigonometri secara mandiri melalui eksperimen. Aktivitas ini memungkinkan siswa untuk belajar matematika dengan cara yang lebih aktif dan menyenangkan.

3. Menentukan Aktivitas pada Pembelajaran Klasikal dengan Memperhatikan Heterogenitas Kemampuan Siswa

Soal 3:

Bu Tuti ingin melaksanakan pembelajaran klasikal dengan memperhatikan heterogenitas kemampuan siswa dalam materi "Sistem Tata Surya" di kelas IV SD. Aktivitas pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut adalah...
(A) Memberikan penjelasan yang sama kepada semua siswa tentang sistem tata surya. 
(B) Memberikan soal-soal latihan dengan tingkat kesulitan yang sama kepada semua siswa. 
(C) Membagi siswa menjadi beberapa kelompok berdasarkan kemampuan mereka. 
(D) Memberikan tugas yang berbeda kepada setiap siswa sesuai dengan kemampuan mereka.

Kunci Jawaban:

(C) dan (D)

Pembahasan:

Pilihan (C) dan (D) merupakan aktivitas pembelajaran yang tepat untuk kelas yang heterogen karena:Pilihan (C): Membagi siswa menjadi kelompok-kelompok berdasarkan kemampuan mereka memungkinkan siswa untuk belajar dengan teman sebaya yang memiliki kemampuan yang sama.
Pilihan (D): Memberikan tugas yang berbeda kepada setiap siswa sesuai dengan kemampuan mereka memungkinkan siswa untuk belajar sesuai dengan kecepatan mereka sendiri.

4. Menentukan Umpan Balik (Feed Back) yang Sesuai dengan Kebutuhan Siswa dalam Aktivitas Pembelajaran Matematika

Soal 4:

Pak Anton ingin memberikan umpan balik kepada siswa setelah mereka menyelesaikan aktivitas pembelajaran matematika tentang "Gerak Lurus". Umpan balik yang tepat untuk diberikan kepada siswa yang belum mencapai tujuan pembelajaran adalah...
(A) Memberikan nilai rendah pada hasil kerja siswa. 
(B) Memarahi siswa karena tidak mencapai tujuan pembelajaran. 
(C) Memberikan penjelasan singkat tentang materi yang belum dikuasai siswa. 
(D) Memberikan latihan tambahan kepada siswa untuk membantu mereka mencapai tujuan pembelajaran.

Kunci Jawaban:

(C) dan (D)

Pembahasan:

Pilihan (C) dan (D) merupakan umpan balik yang tepat untuk diberikan kepada siswa yang belum mencapai tujuan pembelajaran karena:Pilihan (C): Memberikan penjelasan singkat tentang materi yang belum dikuasai siswa membantu mereka untuk memahami materi tersebut dengan lebih baik.
Pilihan (D): Memberikan latihan tambahan kepada siswa membantu mereka untuk mempraktikkan materi yang telah dipelajari dan mencapai tujuan pembelajaran.

Catatan:
  • Guru dapat memodifikasi contoh soal-soal di atas sesuai dengan situasi dan kondisi di sekolah.
  • Guru dapat menggunakan berbagai sumber belajar untuk membantu siswa dalam menyelesaikan tugas.

Kesimpulan

Ketiga contoh soal di atas merupakan contoh soal yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan guru dalam menerapkan pendekatan pembelajaran konstruktivis. Soal-soal ini dirancang berdasarkan indikator soal yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama.

Semoga contoh soal-soal di atas bermanfaat bagi

Posting Komentar

Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Anda di situs kami! Kami menghargai waktu yang Anda luangkan untuk mengeksplorasi konten dan layanan yang kami tawarkan. Di sini, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna kami. Pendapat dan pandangan Anda memiliki peran yang sangat penting dalam membantu kami meningkatkan kualitas layanan dan konten yang kami sediakan
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.