Notification texts go here Contact Us Get It Now!

Penerapan Teori Pembelajaran Konstruktivis (Matematika)

Contoh Soal Pilihan Ganda USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Penerapan Teori Pembelajaran Konstruktivis

Contoh Soal Pilihan Ganda USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Penerapan Teori Pembelajaran Konstruktivis

1. Menerapkan Teori Belajar Ausubel dalam Pembelajaran Matematika

Soa 1l:

Bu Rina ingin menerapkan teori belajar Ausubel dalam pembelajaran matematika untuk kelas VII SMP dengan materi "Persamaan Linear Satu Variabel".

Langkah pembelajaran yang tepat sesuai dengan teori Ausubel adalah...
(A) Memberikan tes awal untuk mengetahui pengetahuan awal siswa tentang persamaan linear. 
(B) Menjelaskan definisi dan konsep persamaan linear secara langsung kepada siswa. 
(C) Memberikan contoh-contoh soal tentang persamaan linear dan meminta siswa untuk menyelesaikannya. 
(D) Meminta siswa untuk membuat peta konsep tentang persamaan linear.

Kunci Jawaban:

(B)

Pembahasan:

Teori belajar Ausubel menekankan pentingnya pengetahuan awal siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, langkah pembelajaran yang tepat sesuai dengan teori Ausubel adalah menjelaskan definisi dan konsep persamaan linear secara langsung kepada siswa. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa siswa memiliki pengetahuan awal yang cukup untuk memahami materi selanjutnya.

2. Menerapkan Teori Belajar Bruner dalam Pembelajaran Matematika

Soal 2:

Pak Budi ingin menerapkan teori belajar Bruner dalam pembelajaran matematika untuk kelas X SMA dengan materi "Trigonometri".

Langkah pembelajaran yang tepat sesuai dengan teori Bruner adalah...
(A) Memberikan ceramah tentang konsep trigonometri kepada siswa. 
(B) Menunjukkan video tentang aplikasi trigonometri dalam kehidupan sehari-hari kepada siswa. 
(C) Memberikan latihan soal trigonometri kepada siswa. 
(D) Meminta siswa untuk melakukan proyek tentang trigonometri.

Kunci Jawaban:

(B)

Pembahasan:

Teori belajar Bruner menekankan pentingnya representasi visual dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, langkah pembelajaran yang tepat sesuai dengan teori Bruner adalah menunjukkan video tentang aplikasi trigonometri dalam kehidupan sehari-hari kepada siswa. Hal ini bertujuan untuk membantu siswa memahami konsep trigonometri dengan lebih mudah dan menarik.

3. Menerapkan Teori Belajar Dienes dalam Pembelajaran Matematika

Soal 3:

Bu Tuti ingin menerapkan teori belajar Dienes dalam pembelajaran matematika untuk kelas IV SD dengan materi "Bilangan Pecahan".

Alat peraga yang tepat untuk digunakan sesuai dengan teori Dienes adalah...
(A) Papan tulis dan spidol.
 (B) Balok-balok Dienes.
 (C) Permainan ular tangga. 
(D) Lembar kerja.

Kunci Jawaban:

(B)

Pembahasan:

Teori belajar Dienes menekankan pentingnya penggunaan alat peraga dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, alat peraga yang tepat untuk digunakan sesuai dengan teori Dienes adalah balok-balok Dienes. Balok-balok Dienes dapat membantu siswa memahami konsep bilangan pecahan dengan lebih mudah dan konkret.

4. Menerapkan Teori Perkembangan Kognitif Piaget dalam Pembelajaran Matematika

Soal 4:

Pak Anton ingin menerapkan teori perkembangan kognitif Piaget dalam pembelajaran matematika untuk kelas VIII SMP dengan materi "Geometri".

Kegiatan pembelajaran yang tepat sesuai dengan teori Piaget adalah...
(A) Memberikan ceramah tentang konsep geometri kepada siswa. 
(B) Meminta siswa untuk menghafal rumus-rumus geometri. 
(C) Memberikan latihan soal geometri kepada siswa. 
(D) Meminta siswa untuk melakukan eksperimen tentang geometri.

Kunci Jawaban:

(D)

Pembahasan:

Teori perkembangan kognitif Piaget menekankan pentingnya peran aktif siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran yang tepat sesuai dengan teori Piaget adalah meminta siswa untuk melakukan eksperimen tentang geometri. Hal ini bertujuan untuk membantu siswa membangun pemahaman mereka tentang konsep geometri melalui pengalaman langsung.

Catatan:

  • Contoh soal di atas hanya beberapa contoh, dan masih banyak lagi contoh soal lain yang dapat dibuat.
  • Guru dapat memilih contoh soal yang sesuai dengan materi dan tingkat kemampuan siswa.

Kesimpulan

Penerapan teori-teori pembelajaran konstruktivis dalam pembelajaran matematika dapat membantu siswa memahami konsep matematika dengan lebih mudah dan efektif. Guru dapat memilih teori yang tepat untuk diterapkan sesuai dengan materi dan tingkat kemampuan siswa.

Posting Komentar

Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Anda di situs kami! Kami menghargai waktu yang Anda luangkan untuk mengeksplorasi konten dan layanan yang kami tawarkan. Di sini, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna kami. Pendapat dan pandangan Anda memiliki peran yang sangat penting dalam membantu kami meningkatkan kualitas layanan dan konten yang kami sediakan
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.