Notification texts go here Contact Us Get It Now!

Pengembangan Langkah Pembelajaran Inovatif

Contoh Soal Pilihan Ganda USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Pengembangan Langkah Pembelajaran Inovatif

Contoh Soal Pilihan Ganda USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Pengembangan Langkah Pembelajaran Inovatif

1. Merancang Aktivitas Pembelajaran Matematika yang Memuat PPK (Penguatan Pendidikan Karakter)

Soal:

Bu Rina ingin merancang aktivitas pembelajaran matematika untuk kelas VII SMP dengan materi "Persamaan Linear Satu Variabel" yang memuat nilai-nilai PPK. Aktivitas pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut adalah...
(A) Menyuruh siswa menyelesaikan soal-soal latihan dari buku teks secara mandiri. 
(B) Meminta siswa untuk membuat presentasi Power Point tentang sejarah matematika. 
(C) Mengadakan kuis matematika dengan sistem rebutan untuk melatih kecepatan berpikir siswa. 
(D) Membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil dan menugaskan mereka untuk menyelesaikan proyek tentang penerapan persamaan linear dalam kehidupan sehari-hari.

Kunci Jawaban:

(D)

Pembahasan:

Pilihan (D) merupakan aktivitas pembelajaran yang memuat nilai-nilai PPK seperti kerjasama, gotong royong, dan komunikasi. Siswa diharuskan bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan proyek, sehingga mereka belajar untuk saling menghargai dan membantu satu sama lain. Selain itu, mereka juga belajar untuk berkomunikasi dengan baik untuk menyelesaikan tugas bersama.

2. Merancang Aktivitas Pembelajaran yang untuk Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif

Soal:

Pak Budi ingin merancang aktivitas pembelajaran untuk kelas X SMA dengan materi "Fotosintesis" yang bertujuan untuk membangun kemampuan berpikir kreatif siswa. Aktivitas pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut adalah...
(A) Menjelaskan definisi fotosintesis dan organel-organel yang terlibat dalam fotosintesis. 
(B) Meminta siswa untuk membuat diagram alir tentang proses fotosintesis. 
(C) Menugaskan siswa untuk membuat model 3D dari organel-organel fotosintesis.
 (D) Meminta siswa untuk membuat lagu atau puisi tentang fotosintesis.

Kunci Jawaban:

(D)

Pembahasan:

Pilihan (D) merupakan aktivitas pembelajaran yang mendorong siswa untuk berpikir kreatif dengan cara menuangkan ide-idenya dalam bentuk lagu atau puisi. Aktivitas ini memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi pengetahuan mereka tentang fotosintesis dengan cara yang berbeda dan unik.

3. Merancang Aktivitas Pembelajaran yang Mendukung Kemampuan Kolaboratif Siswa

Soal:

Bu Tuti ingin merancang aktivitas pembelajaran untuk kelas IV SD dengan materi "Sistem Tata Surya" yang bertujuan untuk mendukung kemampuan kolaboratif siswa. Aktivitas pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut adalah...
(A) Meminta siswa untuk membuat poster tentang planet-planet di tata surya secara individual. 
(B) Menjelaskan fakta-fakta menarik tentang tata surya kepada siswa. 
(C) Meminta siswa untuk membuat simulasi pergerakan planet-planet di tata surya. 
(D) Membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil dan menugaskan mereka untuk membuat presentasi tentang salah satu planet di tata surya.

Kunci Jawaban:

(D)

Pembahasan:

Pilihan (D) merupakan aktivitas pembelajaran yang mendorong siswa untuk bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas. Aktivitas ini memungkinkan siswa untuk belajar saling menghargai pendapat orang lain, berkomunikasi dengan baik, dan menyelesaikan tugas bersama.

4. Merancang Aktivitas Pembelajaran yang Mendukung Kemampuan Berpikir Kritis

Soal:

Pak Anton ingin merancang aktivitas pembelajaran untuk kelas VIII SMP dengan materi "Gerak Lurus" yang bertujuan untuk mendukung kemampuan berpikir kritis siswa. Aktivitas pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut adalah...
(A) Menjelaskan rumus-rumus gerak lurus kepada siswa. 
(B) Meminta siswa untuk menyelesaikan soal-soal latihan tentang gerak lurus dari buku teks. 
(C) Meminta siswa untuk merancang dan melakukan eksperimen untuk membuktikan rumus-rumus gerak lurus. 
(D) Meminta siswa untuk membuat makalah tentang sejarah penemuan rumus-rumus gerak lurus.

Kunci Jawaban:

(C)

Pembahasan:

Pilihan (C) merupakan aktivitas pembelajaran yang mendorong siswa untuk berpikir kritis dengan cara merancang dan melakukan eksperimen. Aktivitas ini memungkinkan siswa untuk menguji pengetahuan mereka tentang gerak lurus dan mengembangkan kemampuan mereka untuk berpikir logis dan sistematis.

5. Mengembangkan Media Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Berbasis IT/ICT yang Sesuai dengan Tujuan Pembelajaran

Soal:

Bu Ana ingin mengembangkan media pembelajaran kreatif dan inovatif berbasis IT/ICT untuk materi "Keragaman Budaya Indonesia" di kelas V SD. Media pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut adalah...
(A) Membuat poster tentang budaya-budaya di Indonesia. 
(B) Menjelaskan fakta-fakta tentang budaya Indonesia kepada siswa. 
(C) Membuat video animasi tentang budaya-budaya di Indonesia yang dikemas dengan cerita yang menarik dan interaktif. 
(D) Meminta siswa untuk membuat presentasi PowerPoint tentang budaya daerah masing-masing.

Kunci Jawaban:

(C)

Pembahasan:

Pilihan (C) merupakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif karena menggunakan teknologi animasi dan dikemas dengan cerita yang menarik dan interaktif. Media pembelajaran ini memungkinkan siswa untuk belajar tentang budaya Indonesia dengan cara yang lebih menyenangkan dan efektif.

6. Merancang Kegiatan Inti yang Menuntut Siswa Memiliki Kemampuan Berpikir Kritis dan atau Kreatif Berdasarkan KD Tertentu

Soal:

Berdasarkan KD 3.10 "Menganalisis hubungan timbal balik antar makhluk hidup dalam suatu ekosistem", rancanglah kegiatan inti pembelajaran yang menuntut siswa memiliki kemampuan berpikir kritis dan atau kreatif!

Jawaban:

Kegiatan Inti:
  • Bagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil.
  • Berikan setiap kelompok sebuah kasus tentang permasalahan lingkungan, seperti pencemaran air, pencemaran udara, atau deforestasi.
  • Mintalah setiap kelompok untuk menganalisis kasus tersebut dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan berikut:Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan permasalahan tersebut?
  • Apa saja dampak yang ditimbulkan oleh permasalahan tersebut?
  • Bagaimana solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut?
  • Mintalah setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil analisis mereka di depan kelas.
  • Lakukan diskusi dan tanya jawab antar kelompok.
Tujuan:
  • Melatih siswa untuk berpikir kritis dalam menganalisis permasalahan lingkungan.
  • Melatih siswa untuk berpikir kreatif dalam mencari solusi untuk mengatasi permasalahan lingkungan.
  • Meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dan bekerja sama dalam kelompok.
Penilaian:
  • Keaktifan siswa dalam diskusi
  • Kemampuan siswa dalam menganalisis kasus
  • Kemampuan siswa dalam mencari solusi
  • Kemampuan siswa dalam mempresentasikan hasil analisis

Catatan:

  • Guru dapat memodifikasi kegiatan inti ini sesuai dengan situasi dan kondisi di sekolah.
  • Guru dapat menggunakan berbagai sumber belajar untuk membantu siswa dalam menyelesaikan tugas.

Kesimpulan

  • Keenam contoh soal di atas merupakan contoh soal yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan guru dalam mengembangkan langkah pembelajaran inovatif. Soal-soal ini dirancang berdasarkan indikator soal yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama.
Semoga contoh soal-soal di atas bermanfaat bagi guru-guru yang sedang mengikuti PPG Daljab Kemenag 2024.

إرسال تعليق

Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Anda di situs kami! Kami menghargai waktu yang Anda luangkan untuk mengeksplorasi konten dan layanan yang kami tawarkan. Di sini, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna kami. Pendapat dan pandangan Anda memiliki peran yang sangat penting dalam membantu kami meningkatkan kualitas layanan dan konten yang kami sediakan
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.