Contoh Soal Pilihan Ganda USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT/ICT
Indikator:
Mengembangkan media pembelajaran kreatif dan inovatif berbasis IT/ICT yang sesuai dengan pokok bahan tertentu
Soal 1:
Bu Rini ingin mengembangkan media pembelajaran kreatif dan inovatif berbasis IT/ICT untuk materi "Sistem Tata Surya" di kelas V SD. Media pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut adalah...
(A) Poster yang berisi gambar-gambar planet di tata surya.
(B) Video animasi yang menjelaskan tentang proses terjadinya siang dan malam.
(C) Permainan simulasi interaktif yang memungkinkan siswa untuk menjelajahi planet-planet di tata surya.
(D) Presentasi PowerPoint yang berisi informasi tentang sejarah penemuan planet-planet di tata surya.
Kunci Jawaban:
(C)
Pembahasan:
Pilihan (C) merupakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif karena menggunakan teknologi simulasi interaktif yang memungkinkan siswa untuk menjelajahi planet-planet di tata surya dengan cara yang lebih menyenangkan dan efektif. Media pembelajaran ini juga memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri dan sesuai dengan kecepatan mereka masing-masing.
Soal 2:
Pak Anton ingin mengembangkan media pembelajaran kreatif dan inovatif berbasis IT/ICT untuk materi "Fotosintesis" di kelas X SMA. Media pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut adalah...
(A) Website yang berisi informasi tentang fotosintesis.
(B) Aplikasi mobile yang memungkinkan siswa untuk melakukan eksperimen fotosintesis secara virtual.
(C) Augmented Reality (AR) yang menampilkan model 3D organel-organel fotosintesis.
(D) Virtual Reality (VR) yang memungkinkan siswa untuk merasakan sensasi berada di dalam kloroplas.
Kunci Jawaban:
(C)
Pembahasan:
Pilihan (C) merupakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif karena menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) yang menampilkan model 3D organel-organel fotosintesis. Media pembelajaran ini memungkinkan siswa untuk belajar tentang fotosintesis dengan cara yang lebih visual dan interaktif.
Soal 3:
Bu Tuti ingin mengembangkan media pembelajaran kreatif dan inovatif berbasis IT/ICT untuk materi "Keragaman Budaya Indonesia" di kelas IV SD. Media pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut adalah...
(A) E-book yang berisi cerita rakyat dari berbagai daerah di Indonesia.
(B) Permainan edukasi online yang melatih siswa untuk mengenal budaya-budaya di Indonesia.
(C) Podcast yang berisi wawancara dengan orang-orang dari berbagai daerah di Indonesia tentang budaya mereka.
(D) Peta interaktif yang menunjukkan persebaran budaya-budaya di Indonesia.
Kunci Jawaban:
(D)
Pembahasan:
Pilihan (D) merupakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif karena menggunakan teknologi peta interaktif yang menunjukkan persebaran budaya-budaya di Indonesia. Media pembelajaran ini memungkinkan siswa untuk belajar tentang budaya Indonesia dengan cara yang lebih visual dan interaktif.
Kesimpulan:
Ketiga contoh soal di atas merupakan contoh soal yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran kreatif dan inovatif berbasis IT/ICT. Soal-soal ini dirancang berdasarkan indikator soal yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama.
Semoga contoh soal-soal di atas bermanfaat bagi guru-guru yang sedang mengikuti PPG Daljab Kemenag 2024