Notification texts go here Contact Us Get It Now!

Penyusunan IPK berdasarkan K13 dan K13 Revisi yang Bermuatan 4C

Contoh Soal Pilihan Ganda USKA PPG Daljab Kemenag 2024, Topik: Penyusunan IPK berdasarkan K13 dan K13 Revisi yang Bermuatan 4C

Contoh Soal Pilihan Ganda USKA PPG Daljab Kemenag 2024,

Topik: 

Penyusunan IPK berdasarkan K13 dan K13 Revisi yang Bermuatan 4C

Indikator Soal:

  • Mahasiswa dapat menentukan kriteria IPK yang bermuatan tuntutan pembelajaran abad 21.
  • Mahasiswa dapat menentukan kriteria IPK yang bermuatan penguatan pendidikan karakter.

Soal:

Berikut adalah contoh IPK mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X SMA:

Kompetensi Dasar:
3.1 Memahami dan menganalisis informasi dalam teks bacaan (cerpen, novel, dongeng, berita, artikel) 3.2 Menulis teks bacaan (cerpen, novel, dongeng, berita, artikel) dengan struktur dan kebahasaan yang tepat

Tujuan Pembelajaran:
  • Peserta didik mampu memahami informasi dalam teks bacaan dengan kritis dan analitis.
  • Peserta didik mampu menulis teks bacaan dengan struktur dan kebahasaan yang tepat.
Kegiatan Pembelajaran:
  • Peserta didik membaca teks bacaan (cerpen, novel, dongeng, berita, artikel)
  • Peserta didik menganalisis informasi dalam teks bacaan
  • Peserta didik menulis teks bacaan (cerpen, novel, dongeng, berita, artikel)
Penilaian:
  • Penilaian pengetahuan (tes tertulis)
  • Penilaian keterampilan (penulisan teks)
  • Penilaian sikap (partisipasi dalam pembelajaran)

Pertanyaan:

Berdasarkan contoh IPK di atas, manakah pernyataan berikut yang tidak tepat terkait dengan kriteria IPK yang bermuatan tuntutan pembelajaran abad 21?
  • A. IPK memuat tujuan pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk berpikir kritis dan analitis. 
  • B. IPK memuat kegiatan pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk berkolaborasi dan berkomunikasi. 
  • C. IPK memuat penilaian yang hanya berfokus pada aspek pengetahuan dan hafalan. 
  • D. IPK memuat tujuan pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk menyelesaikan masalah.

Kunci Jawaban:

C. IPK memuat penilaian yang hanya berfokus pada aspek pengetahuan dan hafalan.

Pembahasan:

IPK yang bermuatan tuntutan pembelajaran abad 21 haruslah memuat tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian yang mendorong peserta didik untuk:
  • Berpikir kritis dan analitis
  • Berkolaborasi dan berkomunikasi
  • Menyelesaikan masalah
  • Berkreasi dan berinovasi
Pada contoh IPK di atas, poin A, B, dan D sudah menunjukkan tuntutan pembelajaran abad 21.

Namun, poin C menunjukkan bahwa penilaian hanya berfokus pada aspek pengetahuan dan hafalan. Hal ini tidak sejalan dengan tuntutan pembelajaran abad 21 yang menekankan pada pengembangan keterampilan abad 21 seperti berpikir kritis, kreatif, dan menyelesaikan masalah.

Contoh IPK yang lebih baik:

Penilaian:

  • Penilaian pengetahuan (tes tertulis yang menuntut peserta didik untuk menganalisis informasi dan menyelesaikan masalah)
  • Penilaian keterampilan (penulisan teks dengan struktur dan kebahasaan yang tepat, presentasi hasil karya)
  • Penilaian sikap (partisipasi dalam pembelajaran, kerja sama, dan tanggung jawab)

Kesimpulan:

IPK yang bermuatan tuntutan pembelajaran abad 21 dan penguatan pendidikan karakter haruslah memuat tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian yang mendorong peserta didik untuk mengembangkan keterampilan abad 21.

Catatan:

  • Soal-soal di atas hanya contoh, dan masih banyak lagi kriteria IPK yang bermuatan tuntutan pembelajaran abad 21 dan penguatan pendidikan karakter.
  • Semoga contoh soal dan pembahasan di atas dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi penyusunan IPK berdasarkan K13 dan K13 Revisi yang Bermuatan 4C.

2 komentar

  1. guru merdeka
  2. gurumerdeka.NET
Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Anda di situs kami! Kami menghargai waktu yang Anda luangkan untuk mengeksplorasi konten dan layanan yang kami tawarkan. Di sini, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna kami. Pendapat dan pandangan Anda memiliki peran yang sangat penting dalam membantu kami meningkatkan kualitas layanan dan konten yang kami sediakan
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.