Contoh Soal Pilihan Ganda USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Penyusunan IPK Berorientasi Abad 21
Indikator Soal:
- Mampu menilai kesesuaian IPK dengan karakteristik abad 21.
- Mampu mengidentifikasi komponen IPK yang berorientasi abad 21.
- Mampu menganalisis keefektifan IPK dalam mengembangkan keterampilan abad 21.
Soal:
Sebuah IPK mata pelajaran IPA di SD dirancang dengan tujuan untuk mengembangkan keterampilan abad 21 pada siswa. IPK tersebut memuat beberapa kegiatan pembelajaran, seperti:
- Melakukan eksperimen sederhana untuk menguji sifat benda.
- Diskusi kelompok tentang isu-isu sains terkini.
- Membuat presentasi multimedia tentang hasil penelitian sains.
- Menyelesaikan soal-soal latihan HOTS (Higher Order Thinking Skills).
Berdasarkan informasi di atas, manakah pernyataan berikut yang paling tepat tentang IPK tersebut?
- (A) IPK tersebut berorientasi pada abad 21 karena memuat kegiatan eksperimen dan diskusi.
- (B) IPK tersebut tidak berorientasi pada abad 21 karena tidak memuat kegiatan pembelajaran berbasis teknologi.
- (C) IPK tersebut berorientasi pada abad 21 karena memuat kegiatan yang mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah.
- (D) IPK tersebut tidak berorientasi pada abad 21 karena tidak memuat kegiatan yang mengembangkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi.
Kunci Jawaban:
(C) IPK tersebut berorientasi pada abad 21 karena memuat kegiatan yang mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah.
Pembahasan:
IPK yang berorientasi pada abad 21 dirancang untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan siswa untuk sukses di masa depan. Keterampilan tersebut meliputi:Keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah:
- IPK yang berorientasi pada abad 21 mendorong siswa untuk berpikir kritis tentang informasi, menganalisis masalah, dan menemukan solusi kreatif.
- Keterampilan kolaborasi dan komunikasi: IPK yang berorientasi pada abad 21 memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja sama dengan orang lain, berkomunikasi secara efektif, dan membangun hubungan.
- Keterampilan kreativitas dan inovasi: IPK yang berorientasi pada abad 21 mendorong siswa untuk berpikir kreatif, menemukan ide-ide baru, dan berinovasi.
- Keterampilan literasi digital: IPK yang berorientasi pada abad 21 membantu siswa untuk memahami dan menggunakan teknologi secara efektif.
Berdasarkan uraian di atas, IPK yang memuat kegiatan eksperimen, diskusi, presentasi multimedia, dan penyelesaian soal HOTS dapat dikatakan berorientasi pada abad 21. Kegiatan-kegiatan tersebut mendorong siswa untuk berpikir kritis, memecahkan masalah, berkolaborasi, berkomunikasi, berkreasi, dan menggunakan teknologi.
Opsi Jawaban Lainnya:
- (A) Salah, IPK yang berorientasi pada abad 21 tidak hanya memuat kegiatan eksperimen dan diskusi.
- (B) Salah, IPK yang berorientasi pada abad 21 tidak harus memuat kegiatan pembelajaran berbasis teknologi, meskipun teknologi dapat membantu dalam mengembangkan keterampilan abad 21.
- (D) Salah, IPK yang berorientasi pada abad 21 dapat mengembangkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi melalui kegiatan diskusi, presentasi, dan kerja kelompok.
Catatan:
Soal ini hanya contoh, dan masih banyak aspek lain dari IPK yang berorientasi pada abad 21 yang dapat diujikan.
Semoga contoh soal ini bermanfaat bagi Anda dalam mempersiapkan diri untuk USKA PPG Daljab Kemenag 2024.