Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Prinsip Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka
Indikator Soal:
Disajikan informasi tentang kegiatan pembelajaran MI yang dilaksanakan guru, mahasiswa dapat menguraikan prinsip pembelajaran yang diterapkan guru berdasarkan konsep kurikulum merdeka.
Soal:
Bacalah deskripsi kegiatan pembelajaran berikut:
Kelas: IV MI
Mata Pelajaran: Matematika Materi: Pecahan
Kegiatan Pembelajaran:
- Guru memulai pembelajaran dengan menanyakan pengetahuan awal siswa tentang pecahan melalui tanya jawab.
- Guru kemudian menunjukkan gambar pizza yang terbagi menjadi beberapa bagian dan meminta siswa untuk menyebutkan bagian pizza yang berwarna merah, kuning, dan hijau.
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan memberikan masing-masing kelompok sebuah pizza mainan yang terbuat dari kertas.
- Siswa diminta untuk bekerja sama dalam kelompoknya untuk membagi pizza mainan menjadi beberapa bagian yang sama besar.
- Setiap kelompok kemudian mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas.
- Guru memberikan umpan balik dan penguatan kepada setiap kelompok.
Berdasarkan deskripsi kegiatan pembelajaran di atas, prinsip pembelajaran apa saja yang diterapkan guru berdasarkan konsep kurikulum merdeka?
(A) Berpusat pada guru
(B) Berpusat pada siswa
(C) Menghafal
(D) Kooperatif
Kunci Jawaban:
(B) Berpusat pada siswa
Pembahasan:
Berdasarkan deskripsi kegiatan pembelajaran di atas, terdapat beberapa prinsip pembelajaran yang diterapkan guru berdasarkan konsep kurikulum merdeka, yaitu:
- Berpusat pada siswa: Guru memulai pembelajaran dengan menanyakan pengetahuan awal siswa, memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja sama dalam kelompok, dan mempresentasikan hasil kerjanya. Hal ini menunjukkan bahwa guru memfokuskan pembelajaran pada siswa dan mendorong mereka untuk aktif dalam proses belajar.
- Kooperatif: Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan meminta mereka untuk bekerja sama dalam menyelesaikan tugas. Hal ini membantu siswa untuk belajar bekerja sama, berkomunikasi, dan saling menghargai.
- Kontekstual: Guru menggunakan contoh pizza yang familiar bagi siswa untuk membantu mereka memahami konsep pecahan. Hal ini membuat pembelajaran lebih bermakna dan relevan bagi siswa.
Prinsip pembelajaran yang tidak diterapkan dalam deskripsi kegiatan pembelajaran di atas adalah menghafal. Guru tidak hanya meminta siswa untuk menghafal definisi pecahan, tetapi juga memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengeksplorasi konsep pecahan secara langsung melalui kegiatan yang menarik dan interaktif.
Kesimpulan:
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa prinsip pembelajaran yang diterapkan guru dalam deskripsi kegiatan pembelajaran tersebut adalah berpusat pada siswa, kooperatif, dan kontekstual.
Catatan:
Soal dan pembahasan di atas hanya contoh, dan masih banyak prinsip pembelajaran lain yang dapat diterapkan dalam kurikulum merdeka. Anda dapat mengembangkan soal dan pembahasan ini dengan menambahkan informasi dan contoh yang lebih spesifik.