Soal USKA PPG Daljab Kemenag 2024 - Topik Sikap Mempertahankan Kekayaan Alam Indonesia
Indikator Soal:
Mempertahankan kekayaan alam Indonesia dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik
Soal 1:
Dalam pembelajaran IPA, seorang guru mengajak peserta didik untuk mengamati dan mendeskripsikan kekayaan alam Indonesia yang terdapat di sekitar lingkungan sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk...
- (A) Meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik
- (B) Memperkuat hafalan materi IPA peserta didik
- (C) Menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian terhadap kekayaan alam Indonesia
- (D) Mengembangkan keterampilan berbahasa peserta didik
Pembahasan:
Jawaban yang tepat adalah C. Kegiatan mengamati dan mendeskripsikan kekayaan alam Indonesia dapat menumbuhkan rasa cinta dan kepedulian peserta didik terhadap kekayaan alam negaranya.
Soal 2:
Seorang guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat poster tentang cara menjaga kelestarian hutan. Hal ini merupakan contoh penerapan sikap mempertahankan kekayaan alam Indonesia dalam kegiatan...
- (A) Mengajar
- (B) Membimbing
- (C) Mengarahkan
- (D) Mengevaluasi
Pembahasan:
Jawaban yang tepat adalah D. Pemberian tugas membuat poster merupakan salah satu cara guru untuk mengevaluasi pemahaman dan sikap peserta didik terhadap materi tentang menjaga kelestarian hutan.
Soal 3:
Seorang guru memberikan nilai yang lebih tinggi kepada peserta didik yang menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa guru...
- (A) Tidak objektif dalam menilai
- (B) Menghargai sikap dan perilaku peserta didik yang sejalan dengan nilai-nilai pelestarian alam
- (C) Hanya fokus pada hasil belajar kognitif
- (D) Memberikan nilai berdasarkan kesukaan pribadi
Pembahasan:
Jawaban yang tepat adalah B. Guru memberikan nilai yang lebih tinggi kepada peserta didik yang menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan menunjukkan bahwa guru menghargai nilai-nilai pelestarian alam.
Soal 4:
Seorang guru mengarahkan peserta didik untuk melakukan penelitian sederhana tentang potensi kekayaan alam di daerahnya. Hal ini bertujuan untuk...
- (A) Meningkatkan kemampuan penelitian peserta didik
- (B) Mengembangkan rasa ingin tahu dan eksplorasi peserta didik terhadap kekayaan alam
- C) Memperkuat hafalan materi tentang kekayaan alam
- (D) Mengembangkan keterampilan berbahasa peserta didik
Pembahasan:
Jawaban yang tepat adalah B. Kegiatan penelitian sederhana dapat mengembangkan rasa ingin tahu dan eksplorasi peserta didik terhadap kekayaan alam di daerahnya.
Soal 5:
Seorang guru melatih peserta didik untuk membuat karya seni dari bahan-bahan alam yang mudah didapat. Hal ini bertujuan untuk...
- (A) Meningkatkan keterampilan seni peserta didik
- (B) Menumbuhkan rasa cinta dan penghargaan terhadap kekayaan alam
- (C) Mengembangkan kemampuan berhitung peserta didik
- (D) Meningkatkan kemampuan berbahasa peserta didik
Pembahasan:
Jawaban yang tepat adalah B. Kegiatan membuat karya seni dari bahan alam dapat menumbuhkan rasa cinta dan penghargaan terhadap kekayaan alam.
Catatan:
Soal-soal di atas hanya contoh, dan masih banyak bentuk soal lain yang dapat dibuat untuk mengukur sikap mempertahankan kekayaan alam Indonesia dalam proses pembelajaran.
Semoga contoh soal ini bermanfaat!